SILABUS
MATA PELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MTsN SITUJUH BATUR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VII
SEMESTER : 1I
TAHUN AJARAN : 2011-2012
Aspek / Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tingkat /Ranah
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Tingkat Ranah
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Pendidikan Karakter
Bangsa
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
|||||||||
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan dalam kegiatan wawancara
|
Menyimpulkan
pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara
|
C
|
Penyimpulan
pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara
|
·
Mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang
dibacakan oleh guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
·
Mendata pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam
wawancara
·
Mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat dan gagasan
narasumber dalam wawancara
·
Menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber
dalam wawancara
·
Menyimpulkan informasi yang didengar melalui wawancara ke
dalam beberapa kalimat
|
Ø
Mencatat pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan
narasumber
Ø
Menulis informasi yang diperoleh dari wawancara yang
didengarkan ke dalam beberapa kalimat
Ø
Menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber
dalam wawancara
|
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah pikiran, pendapat atau gagasan yang disampaikan
narasumber dalam wawancara yang kamu dengar!
2.
Simpulkan secara berurut hasil wawancara yang telah
diperdengarkan!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Menuliskan
dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
C
|
Penulisan
hal-hal penting yang dikemuka
kan
narasumber dalam wawancara
|
·
Mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang
dibacakan oleh guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan hal-hal penting yang dikemukakan dalam
wawancara
·
Menyimpulkan informasi yang didengar melalui wawancara ke
dalam beberapa kalimat
·
Menuliskan hal-hal penting yang dikemukakan dalam
wawancara
·
Menyampaikan kembali informasi yang diperoleh dari
wawancara ke dalam beberapa kalimat secara lisan
|
Ø
Mengidentifikasi hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber
Ø
Mencatat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam
beberapa kalimat
Ø
Menuliskan kembali hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dalam wawancara dengan bahasa yang komunikatif
|
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam
wawancara yang diperdengarkan!
2.
Simpulkan secara berurut hasil wawancara yang telah
diperdengarkan
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi
cerita dan bertelepon
|
Menceritakan
tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh dan alasan mengidolakakannya
dengan pilihan kata yang sesuai
|
C
|
Penceritaan
tokoh idola
|
·
Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
·
Menuliskan identitas tokoh yang diidolakan
·
Menentukan keunggulan tokoh dengan alasan yang
argumentative
·
Berdiskusi tentang tata cara bercerita tokoh idola
·
Berlatih menceritakan tokoh idola
·
Menceritakan tokoh idola di depan kelas dengan berpedoman
pada kelengkapan identitas tokoh
|
Ø
Memilih tokoh idola
Ø
Mendata identitas tokoh
Ø
Mengumpulkan keunggulan tokoh
Ø
Menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas
tokoh
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Sebutkanlah identitas, keunggulan dan alasan
mengidolakan tokoh idolamu!
2.
Ceritakanlah tentang tokoh idolamu di depan kelas dengan
menggunakan bahasa efektif, jelas dan komunikatif!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Biofrafi Tokoh Idola
|
|
|
Bertelepon
dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
C
|
Bertelepon
|
·
Mencermati sebuah model bertelepon melalui kaset/CD
·
Mendiskusikan tentang tata cara bertelepon
·
Mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
·
Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam
bertelepon
·
Menyusun sebuah percakapan bertelepon dengan bahasa yang
santun dan sesuai dengan konteks
·
Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan
konteks
|
Ø
Menjelaskan tata cara bertelepon
Ø
Menjelaskan kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
Ø
Menyusun kalimat bertelepon dengan bahasa yang santun
Ø
Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan
konteks
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Buatkah sebuah percakapan betelepon kemudian praktekkalah
di depan kelas dengan baik!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Membaca
Memahami
wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
|
Mengungkapkan
ha-hal yang dapat diteladani dalam buku biografi yang dibaca secara intensif
|
C
|
Biografi
tokoh idola
|
·
Membaca salah satu buku biografi / biografi singkat
seorang tokoh
·
Menulis biodata tokoh dan keistimewaan tokoh
·
Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku
biografi yang dibaca
·
Menyampaikan riwayat hidup dan hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh secara lisan
|
Ø
Membaca riwayat hidup tokoh
Ø
Mencatat keistimewaan tokoh
Ø
Menyimpulkan keistimewaan tokoh
Ø
Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dalam buku
biografi yang dibaca
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Jelaskan riwayat hidup dan keistimewaan tokoh dalam
biografi yang kamu baca!
2.
Tulislah hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam
biografi yang kamu baca!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Biografi Tokoh Idola
|
|
|
Menemukan
gagasan utama dalam teks yang dibaca
|
C
|
Gagasan
utama teks
|
·
Membaca sebuah teks yang telah dipilih/disediakan guru
·
Mendiskusikan tentang definisi paragraph
·
Mendiskusikan pengertian dan letak kalimat utama &
kalimat penjelas
·
Menentukan gagasan utama / ide pokok setiap paragraph
·
Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
|
Ø
Menjelaskan definisi paragraph
Ø
Menjelaskan letak kalimat utama dalam teks yang dibaca
Ø
Menentukan gagasan utama / ide pokok setiap paragraph
Ø
Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah kalimat utama dan kalimat penjelas dalam
paragraph yang kamu baca!
2.
Tulislah gagasan utama teks yang kamu baca!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Menemukan
informasi secara cepat dalam table / diagram
|
C
|
Diagram
/ Tabel
|
·
Mencermati sebuah table/diagram yang telah dipilih
·
Mendiskusikan bagian-bagian tabel/diagram
·
Menyimpulkan isi tabel/diagram
·
Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan tabel/diagram
·
Mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi
|
Ø
Mengidentifikasi bagian-bagian table / diagram
Ø
Menerangkan isi table / diagram
Ø
Mengubah table / diagram dalam bentuk narasi / uraian
Ø
Menemukan informasi secara cepat dalam table / diagram
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah informasi yang terdapat dalam table/ diagram yang
kamu baca
2.
Ubahlah table / diagram tersebut dalam bentuk narasi!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Tabel / Diagram
|
|
Menulis
Mengungkapkan
berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
|
Mengubah
teks wawancara menjadi narasi
|
C
|
Pengubahan
teks wawancara menjadi narasi
|
·
Membaca sebuah teks wawancara
·
Mendiskusikan perbedaan kalimat langsung dan kalimat tak
langsung
·
Mendiskusikan tata cara penulisan kalimat langsung dan
kalimat tak langsung
·
Mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi
kalimat tak langsung
·
Menarasikan teks wawancara dalam beberapa kalimat
|
Ø
Menjelaskan perbedaan antara kalimat langsung dan kalimat
tak langsung
Ø
Mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dan
sebaliknya
Ø
Menulis teks wawancara menjadi narasi
|
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Ubahlah teks wawancara berikut dalam bentuk narasi!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Menulis
pesan singkat dengan bahasa yang santun dan kalimat yang efektif
|
C
|
Pesan
singkat
|
·
Membaca sebuah contoh pesan singkat
·
Mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam pesan singkat
·
Mendiskusikan pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
·
Menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
·
Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
·
Mengoreksi pesan singkat yang dibuat rekan sebangku
|
Ø
Menjelaskan definisi pesan singkat
Ø
Menyebutkan bagian-bagian pesan singkat
Ø
Menulis pokok-pokok pesan singkat
Ø
Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
|
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah sebuah pesan singkat berbentuk memo!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Mendengarkan
Memahami
pembacaan puisi
|
Menanggapi
cara pembacaan puisi
|
C
|
Tanggapan
Pembacaan puisi
|
·
Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman atau salah
seorang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan tata cara pelafalan, intonasi dan ekspresi
dalam pembacaan puisi
·
Memberi tanggapan atas pembacaan puisi dengan cara member
omentar atas kekurangan dalam pembacaan puisi
|
Ø
Menjelaskan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi
pembacaan
Ø
Mempertanyakan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi
pembacaan
Ø
Menampilkan pembacaan puisi
Ø
Menanggapi pembacaan puisi
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah ungkapan, gaya bahasa dan citraan dalam puisi
yang kemu dengar!
2.
Nilailah pembacaan puisi yang dilakukan oleh temanmu!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Merefleksi
isi puisi yang dibacakan
|
C
|
Refleksi
isi puisi
|
·
Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman atau salah
seorang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan dan pendapat
dalam puisi
·
Mendiskusikan nada, suasana, irama, dan pilihan kata yang
terdapat dalam puisi
·
Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam sebuah puisi
·
Merefleksikan isi puisi dengan kehidupan pribadi siswa
|
Ø
Menjelaskan isi puisi seperti gambaran pengindaraan,
perasaan dan pendapat
Ø
Mempelajari citraan puisi
Ø
Mengemukakan suasana dan pesan dalam puisi
Ø
Menggambarkan isi puisi yang dibacakan
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah ungkapan, gaya bahasa dan citraan dalam puisi
yang kemu dengar!
2.
Tulislah amanat dan makna puisi yang kamu dengar!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Berbicara Sastra
Mengungkapkan
tanggapan atas pembacaan cerpen
|
Menanggapi
cara pembacaan cerpen
|
C
|
Pembacaan
cerpen
|
·
Mendengarkan pembacaan cerpen melalui rekaman/CD atau
salah seorang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan cara pembacan cerpen, tema, alur, dan
suasana cerpen
·
Menanggapi pembacaan cerpen yang dilakukan oleh siswa yang
menjadi model dengan memperhatikan suasana, isi dan pesan dalam cerpen
|
Ø
Menjelaskan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi
pembacaan cerpen
Ø
Mempertanyakan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi
pembacaan
Ø
Menampilkan pembacaan cerpen
Ø
Menanggapi pembacaan cerpen
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah unsure-unsur instrinsik dari cerpen yang kamu
baca!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Naskah Cerpen
|
|
|
Menjelaskan
hubungan latar suatu cerpen dengan realitas social
|
C
|
Hubungan
latar suatu cerpen dengan realitas social
|
·
Mendengarkan pembacaan cerpen melalui rekaman/CD atau
salah seorang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik cerpen
·
Mendiskusikan latar cerpen yang dibacakan
·
Mengaitkan latar cerpen dengan realitas social masa kini
|
Ø
Menjelaskan jenis latar cerpen
Ø
Mengidentifikasi latar dalam cerpen
Ø
Menjelaskan latar cerpen dengan realitas social masa kini
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah latar cerpen yang kamu baca!
2.
Jelaskanlah hubungan anatar latar cerpen dengan realitas
social masa kini!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Naskah Cerpen
|
|
Membaca
Memahami
wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
|
Membaca
indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimic, dan gesture yang
sesuai
|
C
|
Pembacaan
puisi
|
·
Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman/CD atau salah
seorang siswa yang menjadi model
·
Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik puisi
·
Menandai penjedaan, intonasi dan irama pada puisi yang
akan dibacakan
·
Berlatih membaca indah puisi
·
Membaca indah puisi dengan memperhatikan mimic, intonasi/
irama suara, lafal, penjedaan, dan gesture.
|
Ø
Menjelaskan irama, volume suara, mimic dan gesture dalam
membaca puisi
Ø
Menandai penjedaan dalam pembacaan puisi
Ø
Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume
suara, mimic, dan gesture yang sesuai
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Bacalah dengan baik sebuah puisi di depan kelas dengan
memperhatikan mimic, intonasi, jeda, gesture dan volume suara!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Menemukan
realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak baik asli
atau terjemahan
|
C
|
Penemuan
realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak baik asli
atau terjemahan
|
·
Membaca sebuah buku cerita anak
·
Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik cerita anak yang
dibaca
·
Mendiskusikan dan mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan
yang ada dalam buku cerita anak
·
Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam
buku cerita anak
|
Ø
Menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam cerita anak
Ø
Menyimpulkan perilaku, kebiasaan yang ada dalam cerita
anak
Ø
Menentukan realitas kehidupan anak yang adal dalam cerita
Ø
Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam
buku cerita anak baik asli atau terjemahan
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah unsure-unsur instrinsik dari cerpen yang kamu
baca!
2.
Tulislah unsure cerita anak yang mempunyai relevansi
dengan kehidupan sekarang!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Menulis Sastra
Mengungkapkan
keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis puisi
|
Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
C
|
Penulisan
puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
·
Mengamati lingkungan sekitar seolah atau gambar-gambar
keindahan alam
·
Menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan keindahan
alam
·
Menuliskan objek keindahan alam yang akan dituliskan
·
Mendiskusikan pilihan kata dan rima yang sesuai dengan
puisi yang akan ditulis
·
Menentukan topic puisi yang akan ditulis
·
Menulis larik-larik puisi yang berhubungan dengan
keindahan alam
·
Menulis sebuah puisi tentang keindahan alam dengan pilihan
kata dan rima yang menarik
|
Ø
Mencatat kata-kata yang berhubungan dengan keindahan alam
Ø
Menulis larik-larik puisi sesuai dengan daftar kata-kata
tentang keindahan alam
Ø
Menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah sebuah puisi yang berkenaan dengan keindahan
alam!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
|
Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
|
C
|
Penulisan
puisi berkenaan dengan peistiwa yang pernah dialami
|
·
Menuliskan pengalaman-pengalaman menarik yang pernah
dialami
·
Menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan perasaan dan
peristiwa
·
Mengidentifikasi objek yang akan dituliskan
·
Mendiskusikan pilihan kata dan rima yang sesuai dengan
puisi yang akan ditulis
·
Menentukan topic puisi yang akan ditulis
·
Menulis larik-larik puisi yang berhubungan dengan
peristiwa yang pernah dialami
·
Menulis sebuah puisi tentang peristiwa yang pernah dialami
dengan pilihan kata dan rima yang menarik
|
Ø
Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
Ø
Menulis larik-larik puisi sesuai dengan daftar kata-kata
tentang keindahan alam
Ø
Menulis puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami
dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik
|
|
Tes Tertulis dan Tes
Lisan
|
Penugasan
dan demontrasi
|
1.
Tulislah sebuah puisi yang berkenaan dengan peristiwa yang
pernah kamu alami!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|
Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur
Drs.
N A H A R
NIP 195210051991011001
|
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran
SILVIANTI,
SS
NIP 19800613200710 2 007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar