Kamis, 15 Maret 2012

SILABUS BI 7_2


SILABUS MATA PELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN       : MTsN SITUJUH BATUR
MATA PELAJARAN              : BAHASA INDONESIA
KELAS                                                : VII
SEMESTER                            : 1I
TAHUN AJARAN                  : 2011-2012


Aspek / Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tingkat /Ranah
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Tingkat Ranah
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara



Menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara

C
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara

·     Mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan oleh guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
·     Mendata pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara
·     Mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara
·     Menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara
·     Menyimpulkan informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat
Ø  Mencatat pikiran, pendapat, gagasan yang dikemukakan narasumber
Ø  Menulis informasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat
Ø  Menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah pikiran, pendapat atau gagasan yang disampaikan narasumber dalam wawancara yang kamu dengar!
2.     Simpulkan secara berurut hasil wawancara yang telah diperdengarkan!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
C
Penulisan hal-hal penting yang dikemuka
kan narasumber dalam wawancara

·     Mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan oleh guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan hal-hal penting yang dikemukakan dalam wawancara
·     Menyimpulkan informasi yang didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat
·     Menuliskan hal-hal penting yang dikemukakan dalam wawancara
·     Menyampaikan kembali informasi yang diperoleh dari wawancara ke dalam beberapa kalimat secara lisan

Ø  Mengidentifikasi hal-hal penting yang dikemukakan narasumber
Ø  Mencatat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam beberapa kalimat
Ø  Menuliskan kembali hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara dengan bahasa yang komunikatif


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.        Tulislah hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara yang diperdengarkan!
2.        Simpulkan secara berurut hasil wawancara yang telah diperdengarkan
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan





Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon

Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh dan alasan mengidolakakannya dengan pilihan kata yang sesuai
C
Penceritaan tokoh idola
·     Membaca artikel tentang tokoh yang diidolakan
·     Menuliskan identitas tokoh yang diidolakan
·     Menentukan keunggulan tokoh dengan alasan yang argumentative
·     Berdiskusi tentang tata cara bercerita tokoh idola
·     Berlatih menceritakan tokoh idola
·     Menceritakan tokoh idola di depan kelas dengan berpedoman pada kelengkapan identitas tokoh



















Ø  Memilih tokoh idola
Ø  Mendata identitas tokoh
Ø  Mengumpulkan keunggulan tokoh
Ø  Menceritakan tokoh dengan pedoman kelengkapan identitas tokoh

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.        Sebutkanlah identitas, keunggulan dan alasan mengidolakan  tokoh idolamu!
2.        Ceritakanlah tentang tokoh idolamu di depan kelas dengan menggunakan bahasa efektif, jelas dan komunikatif!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Biofrafi Tokoh Idola



Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun

C
Bertelepon
·     Mencermati sebuah model bertelepon melalui kaset/CD
·     Mendiskusikan tentang tata cara bertelepon
·     Mendata kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
·     Mendiskusikan pembetulan kesalahan kalimat dalam bertelepon
·     Menyusun sebuah percakapan bertelepon dengan bahasa yang santun dan sesuai dengan konteks
·     Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks

Ø  Menjelaskan tata cara bertelepon
Ø  Menjelaskan kesalahan-kesalahan kalimat dalam bertelepon
Ø  Menyusun kalimat bertelepon dengan bahasa yang santun
Ø  Bertelepon dengan berbagai mitra bicara sesuai dengan konteks

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.   Buatkah sebuah percakapan betelepon kemudian praktekkalah di depan kelas dengan baik!

4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan





Membaca
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Mengungkapkan ha-hal yang dapat diteladani dalam buku biografi yang dibaca secara intensif

C
Biografi tokoh idola
·     Membaca salah satu buku biografi / biografi singkat seorang tokoh
·     Menulis biodata tokoh dan keistimewaan tokoh
·     Menyimpulkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca
·     Menyampaikan riwayat hidup dan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh secara lisan

Ø  Membaca riwayat hidup tokoh
Ø  Mencatat keistimewaan tokoh
Ø  Menyimpulkan keistimewaan tokoh
Ø  Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dalam buku biografi yang dibaca

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Jelaskan riwayat hidup dan keistimewaan tokoh dalam biografi yang kamu baca!
2.     Tulislah hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam biografi yang kamu baca!

4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Biografi Tokoh Idola





Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca

C
Gagasan utama teks
·     Membaca sebuah teks yang telah dipilih/disediakan guru
·     Mendiskusikan tentang definisi paragraph
·     Mendiskusikan pengertian dan letak kalimat utama & kalimat penjelas
·     Menentukan gagasan utama / ide pokok setiap paragraph
·     Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca

Ø  Menjelaskan definisi paragraph
Ø  Menjelaskan letak kalimat utama dalam teks yang dibaca
Ø  Menentukan gagasan utama / ide pokok setiap paragraph
Ø  Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca


Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraph yang kamu baca!
2.     Tulislah gagasan utama teks yang kamu baca!
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Menemukan informasi secara cepat dalam table / diagram

C
Diagram / Tabel
·     Mencermati sebuah table/diagram yang telah dipilih
·     Mendiskusikan bagian-bagian tabel/diagram
·     Menyimpulkan isi tabel/diagram
·     Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan tabel/diagram
·     Mengubah tabel/diagram dalam bentuk narasi

Ø  Mengidentifikasi bagian-bagian table / diagram
Ø  Menerangkan isi table / diagram
Ø  Mengubah table / diagram dalam bentuk narasi / uraian
Ø  Menemukan informasi secara cepat dalam table / diagram

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah informasi yang terdapat dalam table/ diagram yang kamu baca
2.     Ubahlah table / diagram tersebut dalam bentuk narasi!
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Tabel / Diagram





Menulis
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Mengubah teks wawancara menjadi narasi

C
Pengubahan teks wawancara menjadi narasi

·     Membaca sebuah teks wawancara
·     Mendiskusikan perbedaan kalimat langsung dan kalimat tak langsung
·     Mendiskusikan tata cara penulisan kalimat langsung dan kalimat tak langsung
·     Mengubah kalimat langsung dalam teks wawancara menjadi kalimat tak langsung
·     Menarasikan teks wawancara dalam beberapa kalimat

Ø  Menjelaskan perbedaan antara kalimat langsung dan kalimat tak langsung
Ø  Mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung dan sebaliknya
Ø  Menulis teks wawancara menjadi narasi

Tes Tertulis
Penugasan
1.     Ubahlah teks wawancara berikut dalam bentuk narasi!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Menulis pesan singkat dengan bahasa yang santun dan kalimat yang efektif

C
Pesan singkat
·     Membaca sebuah contoh pesan singkat
·     Mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam pesan singkat
·     Mendiskusikan pokok-pokok pesan singkat dalam contoh
·     Menulis pokok-pokok pesan yang akan ditulis
·     Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks
·     Mengoreksi pesan singkat yang dibuat rekan sebangku
Ø  Menjelaskan definisi pesan singkat
Ø  Menyebutkan bagian-bagian pesan singkat
Ø  Menulis pokok-pokok pesan singkat
Ø  Menulis pesan singkat sesuai dengan konteks

Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah sebuah pesan singkat berbentuk memo!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan





Mendengarkan
Memahami pembacaan puisi
Menanggapi cara pembacaan puisi

C
Tanggapan Pembacaan puisi
·     Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman atau salah seorang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan tata cara pelafalan, intonasi dan ekspresi dalam pembacaan puisi
·     Memberi tanggapan atas pembacaan puisi dengan cara member omentar atas kekurangan dalam pembacaan puisi

Ø  Menjelaskan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan
Ø  Mempertanyakan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan
Ø  Menampilkan pembacaan puisi
Ø  Menanggapi pembacaan puisi

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.        Tulislah ungkapan, gaya bahasa dan citraan dalam puisi yang kemu dengar!
2.        Nilailah pembacaan puisi yang dilakukan oleh temanmu!

2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Merefleksi isi puisi yang dibacakan

C
Refleksi isi puisi
·     Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman atau salah seorang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan gambaran pengindraan, perasaan dan pendapat dalam puisi
·     Mendiskusikan nada, suasana, irama, dan pilihan kata yang terdapat dalam puisi
·     Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam sebuah puisi
·     Merefleksikan isi puisi dengan kehidupan pribadi siswa
Ø  Menjelaskan isi puisi seperti gambaran pengindaraan, perasaan dan pendapat
Ø  Mempelajari citraan puisi
Ø  Mengemukakan suasana dan pesan dalam puisi
Ø  Menggambarkan isi puisi yang dibacakan

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah ungkapan, gaya bahasa dan citraan dalam puisi yang kemu dengar!
2.        Tulislah amanat dan makna puisi yang kamu dengar!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan





Berbicara Sastra
Mengungkapkan tanggapan atas pembacaan cerpen
Menanggapi cara pembacaan cerpen

C
Pembacaan cerpen
·     Mendengarkan pembacaan cerpen melalui rekaman/CD atau salah seorang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan cara pembacan cerpen, tema, alur, dan suasana cerpen
·     Menanggapi pembacaan cerpen yang dilakukan oleh siswa yang menjadi model dengan memperhatikan suasana, isi dan pesan dalam cerpen

Ø  Menjelaskan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan cerpen
Ø  Mempertanyakan cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan
Ø  Menampilkan pembacaan cerpen
Ø  Menanggapi pembacaan cerpen

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah unsure-unsur instrinsik dari cerpen yang kamu baca!

4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Naskah Cerpen



Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas social

C
Hubungan latar suatu cerpen dengan realitas social

·     Mendengarkan pembacaan cerpen melalui rekaman/CD atau salah seorang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik cerpen
·     Mendiskusikan latar cerpen yang dibacakan
·     Mengaitkan latar cerpen dengan realitas social masa kini

Ø  Menjelaskan jenis latar cerpen
Ø  Mengidentifikasi latar dalam cerpen
Ø  Menjelaskan latar cerpen dengan realitas social masa kini

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah latar cerpen yang kamu baca!
2.     Jelaskanlah hubungan anatar latar cerpen dengan realitas social masa kini!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Naskah Cerpen





Membaca
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimic, dan gesture yang sesuai

C
Pembacaan puisi
·     Mendengarkan pembacaan puisi melalui rekaman/CD atau salah seorang siswa yang menjadi model
·     Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik puisi
·     Menandai penjedaan, intonasi dan irama pada puisi yang akan dibacakan
·     Berlatih membaca indah puisi
·     Membaca indah puisi dengan memperhatikan mimic, intonasi/ irama suara, lafal, penjedaan, dan gesture.




















Ø  Menjelaskan irama, volume suara, mimic dan gesture dalam membaca puisi
Ø  Menandai penjedaan dalam pembacaan puisi
Ø  Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimic, dan gesture yang sesuai


Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Bacalah dengan baik sebuah puisi di depan kelas dengan memperhatikan mimic, intonasi, jeda, gesture dan volume suara!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak baik asli atau terjemahan

C
Penemuan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak baik asli atau terjemahan

·     Membaca sebuah buku cerita anak
·     Mendiskusikan unsur-unsur instrinsik cerita anak yang dibaca
·     Mendiskusikan dan mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam buku cerita anak
·     Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak

Ø  Menuliskan perilaku, kebiasaan yang ada dalam cerita anak
Ø  Menyimpulkan perilaku, kebiasaan yang ada dalam cerita anak
Ø  Menentukan realitas kehidupan anak yang adal dalam cerita
Ø  Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksikan dalam buku cerita anak baik asli atau terjemahan


Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah unsure-unsur instrinsik dari cerpen yang kamu baca!
2.     Tulislah unsure cerita anak yang mempunyai relevansi dengan kehidupan sekarang!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan





Menulis Sastra
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis puisi
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam

C
Penulisan puisi berkenaan dengan keindahan alam
·     Mengamati lingkungan sekitar seolah atau gambar-gambar keindahan alam
·     Menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan keindahan alam
·     Menuliskan objek keindahan alam yang akan dituliskan
·     Mendiskusikan pilihan kata dan rima yang sesuai dengan puisi yang akan ditulis
·     Menentukan topic puisi yang akan ditulis
·     Menulis larik-larik puisi yang berhubungan dengan keindahan alam
·     Menulis sebuah puisi tentang keindahan alam dengan pilihan kata dan rima yang menarik















Ø  Mencatat kata-kata yang berhubungan dengan keindahan alam
Ø  Menulis larik-larik puisi sesuai dengan daftar kata-kata tentang keindahan alam
Ø  Menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah sebuah puisi yang berkenaan dengan keindahan alam!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan



Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
C
Penulisan puisi berkenaan dengan peistiwa yang pernah dialami
·     Menuliskan pengalaman-pengalaman menarik yang pernah dialami
·     Menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan perasaan dan peristiwa
·     Mengidentifikasi objek yang akan dituliskan
·     Mendiskusikan pilihan kata dan rima yang sesuai dengan puisi yang akan ditulis
·     Menentukan topic puisi yang akan ditulis
·     Menulis larik-larik puisi yang berhubungan dengan peristiwa yang pernah dialami
·     Menulis sebuah puisi tentang peristiwa yang pernah dialami dengan pilihan kata dan rima yang menarik

Ø  Mengidentifikasi peristiwa yang pernah dialami
Ø  Menulis larik-larik puisi sesuai dengan daftar kata-kata tentang keindahan alam
Ø  Menulis puisi berkenaan dengan peristiwa yang dialami dengan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik

Tes Tertulis dan Tes Lisan
Penugasan dan demontrasi
1.        Tulislah sebuah puisi yang berkenaan dengan peristiwa yang pernah kamu alami!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan




Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur





Drs. N A H A R
NIP 195210051991011001
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran





SILVIANTI, SS
NIP 19800613200710 2 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar