Kamis, 15 Maret 2012

RPP BI 7_1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah  
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Komponen      
Aspek  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator


Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:
:
:


:
MTsN Situjuh Batur
Bahasa Indonesia
VII / I
Kemampuan Berbahasa
Mendengarkan
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
v  Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
v  Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
v  Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
2 x 40 menit (1 x pertemuan)


I.          Tujuan Pembelajaran
v  Siswa mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
v  Siswa mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
v  Siswa mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

II          Materi Pembelajaran
Materi
:
Penyimpulan Berita

Fakta
:
Setiap hari orang selalu mendengarkan berita baik di Televisi, Radio ataupun melalui orang lain

Konsep
:
Berita adalah informasi tentang suatu hal yang terjadi

Prinsip
:
Setiap teks berita mengandung pokok-pokok berita yang dapat diperoleh
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Apa yang terjadi? (what)
b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
d. Siapa yang mengalami? (who)
e. Mengapa hal itu terjadi? (why)
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
Perlu kamu ketahui bahwa selain berisi pokok-pokok berita, suatu berita juga berisi sejumlah informasi sebagai penjelas. Secara bersamaan, keduanya membentuk berita yang lengkap dan utuh.

Prosedur
:
Untuk  menyimpulkan dan melaporkan isi berita, kamu dapat merangkum pokok-pokok informasi yang sudah kamu catat. Dengan menggunakan kalimatmu sendiri, informasi tersebut dapat diubah menjadi beberapa kalimat. Sementara itu, dalam menyampaikan laporan hasil  mendengarkan berita, kamu perlu memerhatikan topik utama informasi, waktu dan tempat terjadinya, serta hasil penyerapan informasi.


III        Metode Pembelajaran
v  Penugasan
v  Portofolio
v  Tanya Jawab


IV        Langkah-Langkah Kegiatan
           
Pendahuluan
:
Kesiapan kelas, motivasi kepada siswa
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi

2.       Elaborasi





3.       Konfirmasi

:

:





:

Siswa mendengarkan sebuah berita yang dibacakan oleh guru atau salah seorang siswa yang menjadi model
1.       Siswa menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
2.       Siswa memberikan tanggapan terhadap isi berita
3.       Siswa menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
4.       Siswa menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
Guru memberikan penguatan terhadap  hasil diskusi siswa

60  Menit



Kegiatan Akhir
:
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
2.       Guru memberikan tugas untuk pendalam materi
3.       Guru menutup proses pembelajaran
10 Menit


V         Sumber Belajar
v  Buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS” karangan Atikah Anindyarini dan Sri Ningsih, diterbitkkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
v  Buku  teks  “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs” karangan Nurhadi, Dawud, Yuni Pratiwi, diterbitkan oleh: Penerbit Erlangga
v  Buku “Pedoman Umum Pembentukan Istilah & Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan” karangan John S. Hartanto diterbitkan oleh Indah Surabaya
v  Kaset/CD Berita dan teks Berita


VI        Penilaian
            Teknik Penilaian           : Tes Tulis
            Bentuk Instrumen          : Tes Uraian
            Soal Instrumen  :
1.       Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
Skor
1
2
3
Siswa menulis tiga pokok berita dengan benar
Siswa menulis dua pokok berita dengan benar
Siswa menulis satu pokok berita dengan benar
3
2
1

2.       Tuliskan intisari berita tersebut menjadi sebuah isi berita!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
Skor
1

2

3
Siswa menulis intisari berita menjadi isi berita dengan kalimat yang efektif
Siswa menulis intisari berita menjadi isi berita dengan kalimat yang kurang efektif
Siswa menulis intisari berita menjadi isi berita dengan kalimat yang tidak efektif
3

2

1



3.       Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
Skor
1

2

Siswa menulis isi berita menjadi menjadi sebuah alinea dengan bahasa yang baik
Siswa menulis isi berita menjadi menjadi sebuah alinea dengan bahasa yang kurang baik

3

2


            Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah :
                        Nilai akhir        =     Perolehan skor                  x Skor ideal (100) = ..................
                                                    Skor maksimum (10)



Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur



Drs. N A H A R
NIP 195210051991011001
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran




SILVIANTI, SS
NIP 19800613200710 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah  
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Komponen      
Aspek  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator


Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:
:
:


:
MTsN Situjuh Batur
Bahasa Indonesia
VII / I
Kemampuan Berbahasa
Mendengarkan
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
v  Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
v  Menulis isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat singkat
v  Menulis kembali isi berita yang didengar ke dalam satu alinea
2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I.          Tujuan Pembelajaran
v  Siswa mampu mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
v  Siswa mampu menulis isi berita ke dalam beberapa kalimat singkat
v  Siswa mampu menulis kembali isi berita dalam satu alinea

II          Materi Pembelajaran
Materi
:
Penulisan kembali berita yang didengarkan

Fakta
:
Setiap hari orang selalu mendengarkan berita baik di Televisi, Radio ataupun melalui orang lain

Konsep
:
Berita adalah informasi tentang suatu hal yang terjadi

Prinsip
:
Setiap teks berita mengandung pokok-pokok berita yang dapat diperoleh
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Apa yang terjadi? (what)
b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
d. Siapa yang mengalami? (who)
e. Mengapa hal itu terjadi? (why)
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
Perlu kamu ketahui bahwa selain berisi pokok-pokok berita, suatu berita juga berisi sejumlah informasi sebagai penjelas. Secara bersamaan, keduanya membentuk berita yang lengkap dan utuh.

Prosedur
:
Untuk  menyimpulkan dan melaporkan isi berita, kamu dapat merangkum pokok-pokok informasi yang sudah kamu catat. Dengan menggunakan kalimatmu sendiri, informasi tersebut dapat diubah menjadi beberapa kalimat. Sementara itu, dalam menyampaikan laporan hasil  mendengarkan berita, kamu perlu memerhatikan topik utama informasi, waktu dan tempat terjadinya, serta hasil penyerapan informasi.


III        Metode Pembelajaran
v  Penugasan
v  Portofolio
v  Tanya Jawab

IV        Langkah-Langkah Kegiatan
           
Pendahuluan
:
Kesiapan kelas, motivasi kepada siswa
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi

2.       Elaborasi




3.       Konfirmasi

:

:




:

Siswa mendengarkan sebuah berita dari Televisi/Radio atau Kaset
1.       Siswa mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
2.       Siswa menulis isi berita menjadi ke dalam beberapa kalimat
3.       Siswa menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
Guru memberikan penguatan terhadap  hasil kerja siswa

60  Menit



Kegiatan Akhir
:
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
2.       Guru memberikan tugas untuk pendalam materi
3.       Guru menutup proses pembelajaran
10 Menit

V         Sumber Belajar
v  Buku teks “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS” karangan Atikah Anindyarini dan Sri Ningsih, diterbitkkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
v  Buku  teks  “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs” karangan Nurhadi, Dawud, Yuni Pratiwi, diterbitkan oleh: Penerbit Erlangga
v  Buku “Pedoman Umum Pembentukan Istilah & Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan” karangan John S. Hartanto diterbitkan oleh Indah Surabaya
v  Kaset/CD Berita dan teks Berita

VI        Penilaian
            Teknik Penilaian           : Tes Tulis
            Bentuk Instrumen          : Tes Uraian
            Soal Instrumen              :

1.       Dengarlah berita berikut, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
Skor
1
2
Siswa menulis  pokok berita dengan lengkap
Siswa menulis  pokok berita kurang benar
3
2

2.       Tuliskan  berita tersebut dalam beberapa buah kalimat!
Pedoman penskoran
No
Kegiatan
Skor
1

2

3
Siswa menulis  berita sesuai dengan pokok-pokok berita dengan bahasa yang efektif
Siswa menulis  berita sesuai dengan pokok-pokok berita dengan bahasa yang kurang efektif
Siswa menulis  berita sesuai dengan pokok-pokok berita dengan bahasa yang tidak efektif
3

2

1


            Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah :
                        Nilai akhir        =     Perolehan skor                  x Skor ideal (100) = ..................
                                                    Skor maksimum (10)



Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur



Drs. N A H A R
NIP 195210051991011001
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran




SILVIANTI, SS
NIP 19800613200710 2 007


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah  
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Komponen      
Aspek  
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator





Alokasi Waktu
:
:
:
:
:
:

:

:





:
MTsN Situjuh Batur
Bahasa Indonesia
VII / I
Kemampuan Berbahasa
Berbicara
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang efektif
v  Mencatat pokok-pokok cerita yang mengesankan
v  Menrumuskan kembali pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
v  Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pkok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif
6 x 40 menit (3 x pertemuan)


I.          Tujuan Pembelajaran
v  Siswa mampu mencatat pokok-pokok cerita yang mengesankan
v  Siswa mampu menrumuskan kembali pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
v  Siswa mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pkok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif

II          Materi Pembelajaran

Materi
:
Penceritaan pengalaman yang mengesankan

Fakta
:
Setiap orang mempunyai pengalaman, mungkin pengalaman yang menggembirakan, menyedihkan, menakutkan atau menggelikan

Konsep
:
Pengalaman adalah segala sesuatu yang pernah dilihat, didengar, dirasa, diteliti dan sebagainya

Prinsip
:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan pengalaman:
a. bagian pembukaan atau kata pembuka,
b. bagian isi atau pokok pembicaraan,
c. bagian penutup.

Prosedur
:
Setelah kamu mempersiapkan pengalaman yang akan kamu ceritakan, coba berlatih di depan cermin. Anggaplah bayangan kamu sebagai pendengar. Ingatlah secara urut bagian-bagian dari ceritamu, kemudian kembangkanlah pokok-pokok pembicaraan tersebut dengan kata-katamu sendiri!


III        Metode Pembelajaran
v  Penugasan
v  Unjuk Kerja
v  Tanya Jawab


IV        Langkah-Langkah Kegiatan

1.       Pertemuan Pertama
Pendahuluan
:
Kesiapan kelas, motivasi kepada siswa
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi

2.       Elaborasi






3.       Konfirmasi

:

:






:

Siswa mendengarkan sebuah cerita dari narasumber menganai pengalaman yang mengesankan
1.       Siswa dan guru bertanya jawab tentang pengalaman yang mengesankan
2.       Siswa diminta menulis daftar pengalaman yang mengesankan
3.       Siswa memilih salah satu pengalaman yang mengesankan dari berbagai pengalaman yang telah didaftar
Guru memberikan arahan tentang pengalaman yang paling mengesankan

60  Menit



Kegiatan Akhir
:
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
2.       Guru menutup proses pembelajaran
10 Menit

2.       Pertemuan Kedua - Ketiga
Pendahuluan
:
Kesiapan kelas, motivasi kepada siswa
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi

2.       Elaborasi









3.       Konfirmasi

:

:









:

Siswa diingatkan kembali tentang pengalaman yang paling mengesankan yang dibahas pada pertemuan sebelumnya
1.       Siswa diminta menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan menjadi cerita pengalaman
2.       Siswa berlatih bercerita dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan bahasa yang baik dan benar
3.       Siswa bercerita pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kalimat yang efektif dan bahasa yang baik
Guru memberikan arahan dan penguatan terhadap penampilan siswa

140  Menit



Kegiatan Akhir
:
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
2.       Guru menutup proses pembelajaran
10 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar