Kamis, 15 Maret 2012

SILABUS BI 7_1


SILABUS MATA PELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN    : MTsN SITUJUH BATUR
MATA PELAJARAN                            : BAHASA INDONESIA
KELAS                                                   : VII
SEMESTER                                           : 1
TAHUN AJARAN                               : 2011-2012


Aspek / Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tingkat /Ranah
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Tingkat Ranah
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pendidikan Karakter Bangsa
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Mendengarkan /
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat

C
Penyimpulan
Berita
·   Mendengarkan sebuah berita yang dibacakan oleh guru atau salah seorang siswa yang menjadi model
·   Menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
·   Memberikan tanggapan terhadap isi berita
·   Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
·   Menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
§  Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
§  Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
§  Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea


Tes Tertulis
Penugasan
1.    Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam berita berikut!
2.    Tulislah intisari berita tersebut menjadi sebuah berita!
3.    Buatlah kesimpulan berita dalam satu alinea!
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Naskah berita

Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
C
Penulisan kembali berita yang dibacakan
·     Mendengarkan sebuah berita dari Televisi /Radio atau Kaset
·     Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
·     menulis isi berita menjadi ke dalam beberapa kalimat
·     menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
§  Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
§  Menulis isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat singkat
§  Menulis kembali isi berita yang didengar ke dalam satu alinea

Tes Tertulis
Penugasan
1.     Identifikasilah pokok-pokok berita yang kamu dengar!
2.     Tulislah kembali isi berita yang kamu dengar dalam beberapa kalimat!
3.     Buatlah kesimpulan isi berita yang kamu dengar dalam datu alinea
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Naskah Berita

Berbicara /
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang efektif


C
Penceritaan pengalaman yang mengesankan
·     Mendengarkan sebuah cerita dari narasumber menganai pengalaman yang mengesankan
·     Menulis daftar pengalaman yang mengesankan
·     Memilih salah satu pengalaman yang mengesankan dari berbagai pengalaman yang telah didaftar
·     Menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan menjadi cerita pengalaman
·     Berlatih bercerita dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan bahasa yang baik dan benar
·     Bercerita pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan kalimat yang efektif dan bahasa yang baik
§  Mencatat pokok-pokok cerita yang mengesankan
§  Menrumuskan kembali pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
§  Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pkok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif


Tes Tertulis
Penugasan dan demonstrasi
1.      Tulislah sebuah cerita tentang pengalaman mu yang paling mengesankan
2.     Ceritakanlah pengalamanmu yang peling mengesankan itu secara lisan!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Teks Pengalaman yang Mengesankan


Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta kalimat yang lugas dan sederhana

C
Penyampaian pengumuman
·     Mencermati dan membaca sebuah teks pengumuman
·     Menentukan topik pengumuman yang dekat dengan lingkungan siswa
·     Membuat pokok-pokok pengumuman berdasarkan topic yang telah dipilih
·     Menyusun sebuah pengumuman berdasarkan ropik dengan menggunakan pilihan bahasa yang efektif dan sederhana
·     Berlatih menyampaikan pengumuman dengan bahasa yang sederhana dan jelas
·     Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
§  Menyebutkan pokok-pokok pengumuman
§  Membuat kerangka pengumuman
§  Mengubah kerangka pengumuman menjadi sebuah pengumuman
§  Mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana


Tes Tertulis
Penugasan dan demonstrasi
1.      Tulislah sebuah pengumuman dengan bahasa yang efektif dan sederhana!
2.      Umumkanlah pengumuman yang telah kamu buat di depan kelas dengan baik!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Contoh Pengumuman


Membaca /
Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

C
Penemuan makna kata secara cepat dan tepat
·     Membaca sebuah teks nonsatra
·     Menandai kata-kata baru/sulit dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dalam kamus
·     Mencari makna lema tersebut dalam kamus secara tepat dan cepat
·     Menemukan makna kata dalam kamus sesuai dengan konteks yang diinginkan


§ Mencatat intilah kata secara cepat dan tepat
§ Menemu-tunjukkan istilah secara cepat dan tepat dalam kamus
§ Mengumpulkan istilah dan kata sulit yang ditemukan
§ Menyusun kata sulit secara alfabetis
§ Menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan


Tes Tertulis
Penugasan
1.      Temukan istilah / kata sulit dalam bacaan yang kamu baca kemudian cari artinya dalam KBBI!
2.      Susunlah istilah tersebut secara alfabetis!
3.      Temukan makna kata atau istlah secara tepat dalam kamus sesuai dengan konteks yang diinginkan!
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ KBBI
§ Teks Berita/ Bacaan yang relevan




Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit

C
Penyimpulan isi bacaan
·     Membaca sebuah teks nonsatra yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya
·     Menandai kata-kata baru/sulit dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dalam kamus
·     Mencari makna lema tersebut dalam kamus secara tepat dan cepat
·     Menemukan makna kata dalam kamus sesuai dengan konteks yang diinginkan
§  Membaca cepat 200 kata permenit
§  Menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan yang kamu baca!
2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan




Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat

C
Pembacaan teks perangkat upacara
·       Membaca salah satu teks perangkat upacara dengan memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan
·       Membaca teks perangkat upacara di depan kelas dengan memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan, siswa lain memberikan penilaian sesuai format penilaian
§  Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
§  Menandai penjedaan pada teks perangkat upacara
§  Memilih salah satu teks perangkat upacara
§  Menampilkan pembacaan salah satu teks perangkat upacara


Tes Lisan
Penugasan
Dan Demontrasi
1.     Bacalah salah satu teks perangkat upacara dengan memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan yang benar!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Teks Perang
kat Upacara








Menulis /
Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat yang ekspresif

C
Penulisan buku harian
·       Siswa diminta mengamati dan mencermati salah satu contoh buku harian
·       Siswa mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam buku harian
·       Siswa mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam buku harian
·       Siswa mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
·       Siswa menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang mengesankan
·       Siswa mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian, curahan pemikiran dan perasaan ke dalam buku harian
§  Mengidentifikasi pengalaman yang berkesan
§  Memilih salah satu pengalaman yang paling berkesan
§  Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam satu hari
§  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang ekspresif


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Identifikasilah pengalamanmu yang berkesan, kemudian pilihlah yang paling berkesan!
2.     Tulislah pokok-pokok pengalaman yang berkesan tersebut!
3.     Tuliskanlah pengalaman pribadimu ke dalam buku harian dengan menggunakan bahasa yang ekspresif!

4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Contoh Buku Harian



Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa

C
Penulisan surat pribadi
·     Siswa diminta mengamati dan mencermati salah satu contoh surat pribadi
·     Siswa mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam surat pribadi
·     Siswa mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam surat pribadi
·     Siswa mencermati surat pribadi dan surat resmi
·     Siswa mendiskusikan perbedaan surat pribadi dan surat resmi
·     Siswa menulis sebuah surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa yang komunikatif
§  Menjelaskan bagian-bagian surat pribadi
§  Menunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dan surat resmi
§  Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa yang komunikatif


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dan surat resmi berdasarkan contoh!
2.     Tulislah sebuah surat pribadi kepada teman barumu di sekolah lain, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini dan gunakanlah bahasa yang komunikatif!


4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Contoh Surat Pribadi dan Surat Dinas



Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang baik, efektif dan benar

C
Penulisan teks pengumu-
man
·     Mencermati dan mengamati sebuah teks pengumuman
·     Mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam pengumuman
·     Mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam pengumuman
·     Menentukan topic sebuah pengumuman yang dekat dengan lingkungan siswa
·     Menulis pokok pengumuman berdasarkan topic yang telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya
·     Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
·     Menyunting teks pengumuman yang dibuat teman
§  Menunjukkan pokok-pokok pengumuman
§  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Buatlah sebuah teks pengumuman sesuai dengan kegiatan yang ada di sekolahmu dengan menggunakan bahasa yang efektif, baik dan benar!

2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Contoh Teks Pengumuman







Mendengarkan Sastra /
Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan

C
Penemuan hal menarik dari dongeng
·     Mendengarkan dengan baik sebuah dongeng yang disampaikan guru atau melalui media TV/Kaset
·     Mendiskusikan ide-ide menarik dari dongeng yang diperdengarkan
·     Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
§  Mengidentifikasi ide-ide menarik dari dongeng yang diperdengarkan
§  Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah ide-ide menarik dari dongeng yang kamu dengar!
2.     Kemukakan ide-ide menarik dari dongeng yang kamu dengar dengan alasan yang logis!

2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng/ Cerita Anak



Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang

C
Penunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

·     Mendengarkan dengan baik sebuah dongeng yang disampaikan guru atau melalui media TV/Kaset
·     Mendiskusikan pokok-pokok dari dongeng yang diperdengarkan
·     Menunjukkan reevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
§  Mengidentifikasi isi dari dongeng yang diperdengarkan
§  Menjelaskan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah pokok-pokok dongeng yang kamu dengar dan relevansinya dengan situasi sekarang dengan alasan yang logis!



2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng / Ceita Anak





Berbicara Sastra/
Mengapresiasi pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat

C
Penyampaian cerita
·     Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa
·     Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·     Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·     Berlatih bercerita
·     Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat
§  Menulis pokok-pokok cerita
§  Menggabungkan pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik
§  Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita yang kamu baca dengan benar!
2.     Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita yang baik!
3.     Berceritalah dengan urutan yang baik, serta suara, lafal, gesture, intonasi dan mimic yang tepat!
6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng / Cerita Anak



Bercerita dengan alat peraga

C
Penyampaian cerita dengan alat peraga
·     Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa
·     Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·     Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·     Berlatih bercerita
·     Bercerita di depan kelas dengan menggunakan alat peraga yang sesuai
§  Mencatat pokok-pokok cerita
§  Mengurai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik
§  Bercerita dengan menggunakan alat peraga


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita yang kamu baca dengan benar!
2.     Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita yang baik!
3.     Berceritalah dengan menggunakan alat peraga yang sesuai!
4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng atau cerita Anak





Membaca Sastra 
Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca


Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca

C
Penceritaan kembali cerita anak yang dibaca
·     Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa (buku yang berbeda dari sebelumnya)
·     Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·     Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
·     Berlatih bercerita
·     Bercerita di depan kelas dengan menggunakan alat peraga yang sesuai
§  Mencatat pokok-pokok cerita anak yang dibaca
§  Menjabarkan pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita yang baik
§  Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulisan


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita yang kamu baca dengan benar!
2.     Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita yang baik!
3.     Ceritakanlah kembali cerita yang kamu baca dengan bahasamu sendiri!

6 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng / Cerita Anak



Mengomentari buku cerita yang dibaca
C
Komentar buku cerita
·     Membaca sebuah cerita yang menarik berdasarkan persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa (buku yang berbeda dari sebelumnya)
·     Mengidentifikasi unsure-unsur cerita yang telah dibaca
·     Mendiskusikan unsure-unsur cerita yang akan dikomentari
·     Memberikan komentar terhadap cerita yang dibaca dengan alas an yang logis dan bahasa yang sopan
§  Mengidentifikasi unsure/bagian cerita anak
§  Memilih unsure/bagian cerita anak yang akan dikomentari
§  Memberikan komentar terhadap cerita anak dengan alas an yang logis dan bahasa yang sopan


Tes Tertulis
Penugasan dan demontrasi
1.     Tulislah unsure-unsur cerita dari buku cerita yang kamu baca dengan benar!
2.     Bagaimana komentarmu mengenai cerita yang kamu baca, kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan santun!

4 x 40’
§ Buku Teks yang  relevan
§ Dongeng / Cerita Anak


Menulis Sastra
Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun

C
Penulisan pantun
·         Mendiskusikan syarat-syarat pantun
·         Membuat pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun

§  Menjelaskan syarat-syarat pantun
§  Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun

Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah sebuah pantun yang terkait dengan masalah pendidikan atau moral!

2 x 40’
§ Buku Teks yang relevan




Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau di dengar

C
Penulisan kembali dongeng
·     Membaca /mendengarkan sebuah dongeng
·     Menuliskan pokok-pokok dongeng
·     Menulis kembali dongeng berdasarkan pokok-pokok dongeng yang dibuat

§  Mengidentifikasi pokok-pokok dongeng
§  Menulis kembali dongeng sesuai urutan pokok-pokok dongeng


Tes Tertulis
Penugasan
1.     Tulislah kembali dongeng yang kamu baca/dengar dengan bahasamu sendiri!

4 x 40’
§ Buku Teks yang relevan
§ Dongeng / Cerita Anak






Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur



Drs. N A H A R
NIP 195210051991011001
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran



SILVIANTI, SS
NIP 19800613200710 2 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar