SILABUS MATA PELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MTsN SITUJUH BATUR
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VII
SEMESTER
: 1
TAHUN
AJARAN : 2011-2012
Aspek / Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tingkat /Ranah
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Tingkat Ranah
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Pendidikan Karakter
Bangsa
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||||
Mendengarkan /
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
C
|
Penyimpulan
Berita
|
·
Mendengarkan sebuah berita yang dibacakan oleh guru atau
salah seorang siswa yang menjadi model
·
Menuliskan pokok-pokok berita yang didengar
·
Memberikan tanggapan terhadap isi berita
·
Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
·
Menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
|
§
Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
§
Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
§
Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah minimal 3 pokok berita yang terdapat dalam berita
berikut!
2.
Tulislah intisari berita tersebut menjadi sebuah berita!
3.
Buatlah kesimpulan berita dalam satu alinea!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Naskah berita
|
||||||||||
Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
C
|
Penulisan
kembali berita yang dibacakan
|
·
Mendengarkan sebuah berita dari Televisi /Radio atau Kaset
·
Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
·
menulis isi berita menjadi ke dalam beberapa kalimat
·
menyimpulkan isi berita menjadi satu alinea
|
§
Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
§
Menulis isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
singkat
§
Menulis kembali isi berita yang didengar ke dalam satu
alinea
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Identifikasilah pokok-pokok berita yang kamu dengar!
2.
Tulislah kembali isi berita yang kamu dengar dalam
beberapa kalimat!
3.
Buatlah kesimpulan isi berita yang kamu dengar dalam datu
alinea
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Naskah Berita
|
|||||||||||
Berbicara /
Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang efektif
|
C
|
Penceritaan pengalaman yang mengesankan
|
·
Mendengarkan sebuah cerita dari narasumber menganai
pengalaman yang mengesankan
·
Menulis daftar pengalaman yang mengesankan
·
Memilih salah satu pengalaman yang mengesankan dari
berbagai pengalaman yang telah didaftar
·
Menyusun pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan
menjadi cerita pengalaman
·
Berlatih bercerita dengan memperhatikan penggunaan kalimat
dan bahasa yang baik dan benar
·
Bercerita pengalaman yang paling mengesankan dengan
menggunakan kalimat yang efektif dan bahasa yang baik
|
§
Mencatat pokok-pokok cerita yang mengesankan
§
Menrumuskan kembali pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita
pengalaman
§
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan
berdasarkan pkok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang
tepat dan kalimat yang efektif
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demonstrasi
|
1.
Tulislah sebuah cerita tentang pengalaman mu yang paling
mengesankan
2.
Ceritakanlah pengalamanmu yang peling mengesankan itu
secara lisan!
|
6
x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Teks Pengalaman yang Mengesankan
|
||||||||||
Menyampaikan
pengumuman dengan intonasi yang tepat serta kalimat yang lugas dan sederhana
|
C
|
Penyampaian
pengumuman
|
·
Mencermati dan membaca sebuah teks pengumuman
·
Menentukan topik pengumuman yang dekat dengan lingkungan
siswa
·
Membuat pokok-pokok pengumuman berdasarkan topic yang
telah dipilih
·
Menyusun sebuah pengumuman berdasarkan ropik dengan menggunakan
pilihan bahasa yang efektif dan sederhana
·
Berlatih menyampaikan pengumuman dengan bahasa yang
sederhana dan jelas
·
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta
menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
§
Menyebutkan pokok-pokok pengumuman
§
Membuat kerangka pengumuman
§
Mengubah kerangka pengumuman menjadi sebuah pengumuman
§
Mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan
kalimat yang lugas dan sederhana
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demonstrasi
|
1.
Tulislah sebuah pengumuman dengan bahasa yang efektif dan
sederhana!
2.
Umumkanlah pengumuman yang telah kamu buat di depan kelas
dengan baik!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Contoh Pengumuman
|
|||||||||||
Membaca
/
Memahami
ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
C
|
Penemuan
makna kata secara cepat dan tepat
|
·
Membaca sebuah teks nonsatra
·
Menandai kata-kata baru/sulit dan menentukan kata itu
sebagai lema yang akan dicari maknanya dalam kamus
·
Mencari makna lema tersebut dalam kamus secara tepat dan
cepat
·
Menemukan makna kata dalam kamus sesuai dengan konteks
yang diinginkan
|
§
Mencatat intilah kata secara cepat dan tepat
§
Menemu-tunjukkan istilah secara cepat dan tepat dalam
kamus
§
Mengumpulkan istilah dan kata sulit yang ditemukan
§
Menyusun kata sulit secara alfabetis
§
Menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan
konteks yang diinginkan
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Temukan istilah / kata sulit dalam bacaan yang kamu baca
kemudian cari artinya dalam KBBI!
2.
Susunlah istilah tersebut secara alfabetis!
3.
Temukan makna kata atau istlah secara tepat dalam kamus
sesuai dengan konteks yang diinginkan!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
KBBI
§
Teks Berita/ Bacaan yang relevan
|
||||||||||
Menyimpulkan
isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
C
|
Penyimpulan
isi bacaan
|
·
Membaca sebuah teks nonsatra yang terdiri atas 200 kata
atau kelipatannya
·
Menandai kata-kata baru/sulit dan menentukan kata itu
sebagai lema yang akan dicari maknanya dalam kamus
·
Mencari makna lema tersebut dalam kamus secara tepat dan
cepat
·
Menemukan makna kata dalam kamus sesuai dengan konteks
yang diinginkan
|
§
Membaca cepat 200 kata permenit
§
Menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok
bacaan
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan yang kamu
baca!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|||||||||||
Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
C
|
Pembacaan
teks perangkat upacara
|
·
Membaca salah satu teks perangkat upacara dengan
memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan
·
Membaca teks perangkat upacara di depan kelas dengan
memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan, siswa lain memberikan penilaian
sesuai format penilaian
|
§
Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
§
Menandai penjedaan pada teks perangkat upacara
§
Memilih salah satu teks perangkat upacara
§
Menampilkan pembacaan salah satu teks perangkat upacara
|
Tes Lisan
|
Penugasan
Dan Demontrasi
|
1.
Bacalah salah satu teks perangkat upacara dengan
memperhatikan jeda, intonasi dan penekanan yang benar!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Teks Perang
kat Upacara
|
|||||||||||
Menulis /
Mengungkapkan
pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat yang ekspresif
|
C
|
Penulisan
buku harian
|
·
Siswa diminta mengamati dan mencermati salah satu contoh
buku harian
·
Siswa mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam buku
harian
·
Siswa mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam buku
harian
·
Siswa mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
·
Siswa menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang
mengesankan
·
Siswa mengembangkan pokok-pokok pengalaman pribadi itu
menjadi sebuah tulisan yang ekspresif dengan menambahkan waktu kejadian,
curahan pemikiran dan perasaan ke dalam buku harian
|
§
Mengidentifikasi pengalaman yang berkesan
§
Memilih salah satu pengalaman yang paling berkesan
§
Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam
satu hari
§
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang ekspresif
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Identifikasilah pengalamanmu yang berkesan, kemudian
pilihlah yang paling berkesan!
2.
Tulislah pokok-pokok pengalaman yang berkesan tersebut!
3.
Tuliskanlah pengalaman pribadimu ke dalam buku harian
dengan menggunakan bahasa yang ekspresif!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Contoh Buku Harian
|
||
Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
|
C
|
Penulisan
surat pribadi
|
·
Siswa diminta mengamati dan mencermati salah satu contoh
surat pribadi
·
Siswa mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam surat
pribadi
·
Siswa mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam surat
pribadi
·
Siswa mencermati surat pribadi dan surat resmi
·
Siswa mendiskusikan perbedaan surat pribadi dan surat
resmi
·
Siswa menulis sebuah surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi dan bahasa yang komunikatif
|
§
Menjelaskan bagian-bagian surat pribadi
§
Menunjukkan perbedaan komposisi surat pribadi dan surat
resmi
§
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi
dan bahasa yang komunikatif
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah perbedaan komposisi surat pribadi dan surat resmi
berdasarkan contoh!
2.
Tulislah sebuah surat pribadi kepada teman barumu di
sekolah lain, ceritakanlah kondisimu di sekolah ini dan gunakanlah bahasa
yang komunikatif!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Contoh Surat Pribadi dan Surat Dinas
|
|||
Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang baik, efektif dan benar
|
C
|
Penulisan
teks pengumu-
man
|
·
Mencermati dan mengamati sebuah teks pengumuman
·
Mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam pengumuman
·
Mendiskusikan bahasa yang digunakan dalam pengumuman
·
Menentukan topic sebuah pengumuman yang dekat dengan
lingkungan siswa
·
Menulis pokok pengumuman berdasarkan topic yang telah
ditentukan pada pertemuan sebelumnya
·
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik
dan benar
·
Menyunting teks pengumuman yang dibuat teman
|
§
Menunjukkan pokok-pokok pengumuman
§
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik
dan benar
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Buatlah sebuah teks pengumuman sesuai dengan kegiatan yang
ada di sekolahmu dengan menggunakan bahasa yang efektif, baik dan benar!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Contoh Teks Pengumuman
|
Mendengarkan Sastra /
Mengapresiasi
dongeng yang diperdengarkan
|
Menemukan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
C
|
Penemuan
hal menarik dari dongeng
|
·
Mendengarkan dengan baik sebuah dongeng yang disampaikan
guru atau melalui media TV/Kaset
·
Mendiskusikan ide-ide menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
·
Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari
dongeng
|
§
Mengidentifikasi ide-ide menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
§
Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari
dongeng
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah ide-ide menarik dari dongeng yang kamu dengar!
2.
Kemukakan ide-ide menarik dari dongeng yang kamu dengar
dengan alasan yang logis!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng/ Cerita Anak
|
||
Menunjukkan
relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
C
|
Penunjukkan
relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
·
Mendengarkan dengan baik sebuah dongeng yang disampaikan
guru atau melalui media TV/Kaset
·
Mendiskusikan pokok-pokok dari dongeng yang diperdengarkan
·
Menunjukkan reevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
§
Mengidentifikasi isi dari dongeng yang diperdengarkan
§
Menjelaskan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah pokok-pokok dongeng yang kamu dengar dan
relevansinya dengan situasi sekarang dengan alasan yang logis!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng / Ceita Anak
|
Berbicara Sastra/
Mengapresiasi
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat
|
C
|
Penyampaian
cerita
|
·
Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan
persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa
·
Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang
baik dan menarik
·
Berlatih bercerita
·
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi,
gesture dan mimic yang tepat
|
§
Menulis pokok-pokok cerita
§
Menggabungkan pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik
§
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi,
gesture dan mimic yang tepat
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demontrasi
|
1.
Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita
yang kamu baca dengan benar!
2.
Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita
yang baik!
3.
Berceritalah dengan urutan yang baik, serta suara, lafal,
gesture, intonasi dan mimic yang tepat!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng / Cerita Anak
|
||
Bercerita
dengan alat peraga
|
C
|
Penyampaian
cerita dengan alat peraga
|
·
Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan
persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa
·
Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang
baik dan menarik
·
Berlatih bercerita
·
Bercerita di depan kelas dengan menggunakan alat peraga
yang sesuai
|
§
Mencatat pokok-pokok cerita
§
Mengurai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang
menarik
§
Bercerita dengan menggunakan alat peraga
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demontrasi
|
1.
Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita
yang kamu baca dengan benar!
2.
Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita
yang baik!
3.
Berceritalah dengan menggunakan alat peraga yang sesuai!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng atau cerita Anak
|
Membaca Sastra
Memahami
isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
Menceritakan
kembali cerita anak yang dibaca
|
C
|
Penceritaan
kembali cerita anak yang dibaca
|
·
Membaca sebuah buku cerita yang menarik berdasarkan
persediaan perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa (buku yang berbeda
dari sebelumnya)
·
Menentukan pokok-pokok cerita yang telah dibaca
·
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang
baik dan menarik
·
Berlatih bercerita
·
Bercerita di depan kelas dengan menggunakan alat peraga
yang sesuai
|
§
Mencatat pokok-pokok cerita anak yang dibaca
§
Menjabarkan pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita
yang baik
§
Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara
lisan dan tulisan
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demontrasi
|
1.
Tulislah kronologis pokok-pokok cerita dari buku cerita
yang kamu baca dengan benar!
2.
Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi urutan cerita
yang baik!
3.
Ceritakanlah kembali cerita yang kamu baca dengan bahasamu
sendiri!
|
6 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng / Cerita Anak
|
|||
Mengomentari
buku cerita yang dibaca
|
C
|
Komentar
buku cerita
|
·
Membaca sebuah cerita yang menarik berdasarkan persediaan
perpustakaan sekolah atau koleksi pribadi siswa (buku yang berbeda dari
sebelumnya)
·
Mengidentifikasi unsure-unsur cerita yang telah dibaca
·
Mendiskusikan unsure-unsur cerita yang akan dikomentari
·
Memberikan komentar terhadap cerita yang dibaca dengan
alas an yang logis dan bahasa yang sopan
|
§
Mengidentifikasi unsure/bagian cerita anak
§
Memilih unsure/bagian cerita anak yang akan dikomentari
§
Memberikan komentar terhadap cerita anak dengan alas an
yang logis dan bahasa yang sopan
|
Tes Tertulis
|
Penugasan dan
demontrasi
|
1.
Tulislah unsure-unsur cerita dari buku cerita yang kamu
baca dengan benar!
2.
Bagaimana komentarmu mengenai cerita yang kamu baca,
kemukakan hal itu dengan alasan yang logis dan santun!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng / Cerita Anak
|
||||
Menulis Sastra
Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
C
|
Penulisan
pantun
|
·
Mendiskusikan syarat-syarat pantun
·
Membuat pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
§
Menjelaskan syarat-syarat pantun
§
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah sebuah pantun yang terkait dengan masalah
pendidikan atau moral!
|
2 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
|
|||
Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau di dengar
|
C
|
Penulisan
kembali dongeng
|
·
Membaca /mendengarkan sebuah dongeng
·
Menuliskan pokok-pokok dongeng
·
Menulis kembali dongeng berdasarkan pokok-pokok dongeng
yang dibuat
|
§
Mengidentifikasi pokok-pokok dongeng
§
Menulis kembali dongeng sesuai urutan pokok-pokok dongeng
|
Tes Tertulis
|
Penugasan
|
1.
Tulislah kembali dongeng yang kamu baca/dengar dengan
bahasamu sendiri!
|
4 x 40’
|
§
Buku Teks yang relevan
§
Dongeng / Cerita Anak
|
Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh
Batur
Drs. N A H A R
NIP 195210051991011001
|
Situjuh Batur, 11 Juli
2011
Guru Mata Pelajaran
SILVIANTI, SS
NIP 19800613200710 2
007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar