SILABUS
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Nama Madrasah : MTs Negeri 29 Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi :
1. Menyimak/Istima’
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk gagasan dan dialog
sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة
والأنشطة في البيت
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi huruf hijaiyyah dan ujaran
(kata, frase, atau kalimat) dari berbagai ragam wacana lisan sederhana
tentang السّاعة و
الأنشطة في المدرسة و الأنشطة في البيت yang meliputi struktur kalimat
dasar: جملة اسمية و جملة
فعلية و مفعول به
|
·
Bilangan bertingkat
·
Kata tanya: كم dan متى
|
·
Menyebutkan kembali
mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang jam
·
Menjawab
pertanyaan tentang jam dengan menggunakan kalimat dengan struktur kata
bilangan bertingkat
|
·
Melafalkan kembali kata/kalimat yang
telah didengar
·
Menyebutkan
kembali kata/kalimat yang yang telah didengar
|
Tes lisan
|
Tanya
jawab
|
Jam berapakah sekarang ?
Kapankah kamu pergi ke sekolah?
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Jam / peraga langsung
·
Gambar-gambar jam
|
1.2 Menemukan
informasi umum dari wacana lisan sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة
و الأنشطة في البيت yang meliputi struktur kalimat
dasar: جملة اسمية و جملة
فعلية و مفعول به
|
·
Bilangan bertingkat
·
Kata tanya: كم dan متى
|
·
Menyebutkan
kembali mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang
jam
·
Menjawab
pertanyaan tentang jam mengguna kan kalimat dengan struktur kata bilangan
bertingkat
|
·
Mengidentifikasi makna dari kata/kalimat yang
telah didengar
·
Membedakan bilangan biasa dan bilangan
bertingkat
·
Mengartikan
kalimat-kalimat dengan benar dan tepat
|
Tes lisan
|
Tanya jawab
|
Kapankah kamu sholat
shubuh ?
Jam berapakah kamu
sarapan ?
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Jam / peraga langsung
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
|
1.3 Memberikan tanggapan/respon yang terdapat
pada ragam wacana lisan atau dialog sederhana tentang السّاعة و الأنشطة
في المدرسة و الأنشطة في البيت yang meliputi struktur kalimat
dasar: جملة اسمية و جملة
فعلية و مفعول به
|
·
Bilangan bertingkat
·
Kata tanya: كم dan متى
|
·
Menyebutkan
kembali mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang
jam
·
Menjawab
pertanyaan tentang jam mengguna kan kalimat dengan struktur kata bilangan
bertingkat
|
·
Menulis kembali
kata/kalimat yang telah didengar tentang السّاعة
·
Mengungkapkan kembali tentang
pokok-pokok isi wacana lisan yang telah didengar
|
Tes tulis
|
Tes pilihan (B-S)
|
Sholih sholat
shubuh jam 04:35 (B-S)
Dia pergi ke
sekolah jam 07:00 (B-S)
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Jam / peraga langsung
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
|
Standar
Kompetensi :
2. Berbicara/Kalam
Mengungkapkan
fikiran, gagasan, perasaan, pengalaman secara lisan dalam bentuk cerita dan dialog
(tanya-jawab) sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و الأنشطة في البيت
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang السّاعة dengan menggunakan media gambar
|
· Bilangan bertingkat
· Kata tanya: كم في أيّdan متى
|
·
Mengidentifikasi alamat (rumah / madrasah /
kantor) seseorang
·
Mengidentifikasi kata bilangan
bertingkat
·
Wawancara/tanya jawab tentang alamat tertentu
|
·
Melafalkan mufrodat dan kalimat dengan
pelafalan yang tepat dan benar
·
Menggunakan/mengucapkan mufrodat
dengan tepat dalam berbagai kalimat
|
Tes
lisan
|
|
Lafalkan kembali teks yang didengar
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Jam / peraga langsung
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
|
2.2 Melakukan dialog
sederhana tentang السّاعة yang meliputi struktur kalimat
dasar: جملة اسمية
و جملة فعلية
|
· Bilangan bertingkat
· Kata tanya: كم في أيّdan متى
|
·
Mengidentifikasi kata bilangan
bertingkat
·
Wawancara/tanya jawab tentang alamat tertentu
·
Mendemonstrasikan
teks hiwar tentang jam
·
Menggunakan mufradat baru tentang bilangan jam
|
·
Bertanya dengan menggunakan kata tanya
: كم , متى , أيّ ساعة , في أيّ
·
Menanggapi berbagai pertanyaan dengan
tepat
·
Mendemonstrasikan
materi hiwar dengan benar dan tepat
·
Bercerita
secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
|
Tes lisan
|
Tanya jawab
Demonstrasi
|
Jam berapa sekarang ?
Jam berapa kamu sarapan ?
dst
Memainkan peran sesuai tema
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Jam / peraga langsung
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
|
2.3 Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الأنشطة في
المدرسة dengan menggunakan
struktur jumlah fi’liyyah
|
· Teks tentang aktivitas
di madrasah
· Kata tanya: أين
· Mufrodat fi’il mudhori’ + Dhomirnya
· Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il +
Maf’ul bih)
|
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di madrasah
·
Mengidentifikasi perubahan kata kerja /
fi’il mudhori’
·
Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di madrasah
·
Menceritakan kembali aktivitas
seseorang di madrasah
|
·
Melafalkan kata dan kalimat dengan
pelafalan yang tepat dan benar
·
Mengucapkan kata dengan tepat dalam berbagai kalimat
|
Tes unjuk kerja
|
Bercerita (monolog)
|
Mencerita kan kegiatan yang dilaku kan selama di
sekolah
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah
|
2.4
Melakukan dialog sederhana tentang الأنشطة في
المدرسة dengan menggunakan
struktur jumlah Jumlah fi’liyyah
|
·
SDA
|
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di madrasah
·
Mengidentifikasi perubahan kata kerja /
fi’il mudhori’
·
Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di madrasah
·
Menceritakan kembali aktivitas
seseorang di madrasah
|
·
Bertanya dengan menggunakan kata tanya
: ماذا يعمل... , هل...
·
Menanggapi berbagai pertanyaan dengan
tepat
·
Mendemonstrasikan
materi hiwar dengan benar dan tepat
·
Bercerita
secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
|
Tes unjuk kerja
|
Tanya jawab / wawancara
|
Lakukan wawancara kepada teman, tentang
kegiatannya selama di sekolah
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah
|
2.5 Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الأنشطة في البيت dengan
menggunakan struktur jumlah fi’liyyah
(Maf’ul
bih)
|
· Teks tentang aktivitas
di rumah
· Kata tanya: ماذا
· Mufrodat fi’il mudhori’ + Dhomirnya
· Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il +
Maf’ul bih)
|
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di rumah
·
Mengidentifikasi perubahan kata kerja /
fi’il mudhori’
·
Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di rumah
·
Menceritakan kembali aktivitas
seseorang di rumah
|
·
Melafalkan kata dan kalimat dengan
pelafalan yang tepat dan benar
·
Mengucapkan kata dengan tepat dalam berbagai kalimat
|
Tes unjuk kerja
|
Demonstrasi / sosiodrama
|
Bermain peran sesuai dengan tema yang dibahas
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Media gambar aktivitas di rumah
|
2.6 Bercerita dengan menggunakan media gambar
tentang aktivitas di rumah الأنشطة في البيت dengan
menggunakan struktur jumlah fi’liyyah
(Maf’ul
bih)
|
· Teks tentang aktivitas
di rumah
· Kata tanya: ماذا
· Mufrodat fi’il mudhori’ + Dhomirnya
· Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il +
Maf’ul bih)
|
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di rumah
·
Mengidentifikasi perubahan kata kerja /
fi’il mudhori’
·
Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di rumah
·
Menceritakan kembali aktivitas
seseorang di rumah
|
·
Bercerita
secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
|
Tes unjuk kerja
|
Bercerita (monolog)
|
Ceritakan lah kegiatan seseoarang selama di rumah
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di rumah
|
Standar
Kompetensi :
3. Membaca/Qiro’ah
Memahami
berbagai ragam teks tulis, baik dalam bentuk wacana atau dialog sederhana; dan
menemukan pokok fikiran tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و الأنشطة في البيت
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Membaca
nyaring huruf Hijaiyyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis tentang الأنشطة في
المدرسة yang meliputi struktur kalimat
dasar: جملة فعبلية
|
· Teks tentang aktivitas
di madrasah
· Kata tanya: أين
· Mufrodat fi’il mudhori’ + Dhomirnya
· Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il +
Maf’ul bih)
|
·
Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat di dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar dan tepat
·
Membaca potongan-potongan kalimat dengan struktur jumlah
fi’liyyah tanpa harokat
·
Membaca teks tertulis tentang
aktivitas di madrasah
|
·
Melafalkan huruf-huruf
hijaiyyah/mufrodat baru dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
·
Membaca potongan kalimat tanpa harokat
dengan benar
·
Membaca paragraf sederhana tentang
aktivitas di madrasah dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Tes lisan
|
Membaca nyaring
|
Susunlah potongan-potongan
kalimat menjadi paragraf yang bermakna !
Bacakanlah susunan itu!
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah
|
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat dalam wacana
tertulis tentang الأنشطة في المدرسة yang meliputi struktur kalimat
dasar:
جملة فعلية
|
·
SDA
|
·
Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat pada wacana tulis
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di madrasah
·
Mengidentifikasi isi kandungan wacana
tulis
·
Membaca teks tertulis tentang aktivitas di madrasah
·
Mencari dan menuliskan bentuk jumlah fi’liyyah
|
·
Mengidentifikasi makna / ide pokok
yang terdapat pada teks qiro’ah
·
Mengidentifikasi tema / topik yang
terdapat pada wacana tulis
·
Menjawab berbagai pertanyaan sesuai dengan
isi kandungan teks qiro’ah
·
Mengidentifikasi kalimat-kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
dengan tepat
|
Tes lisan
|
Jawab pertanyaan
|
Memberi kan
jawaban sesuai teks qiro’ah:
Ayna yadrusu Rosyid ?
Ayna yaskun Rosyid?
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di madrasah
|
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pokok fikiran dari wacana
tertulis tentang الأنشطة في المدرسة yang meliputi struktur jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
|
·
SDA
|
·
SDA
|
·
Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
·
Membuat kesimpulan sederhana tentang isi qiro’ah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan perbedaan mudzakkar
dan muannats !
Tuliskan contoh masing-masing
!
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Media gambar aktivitas di madrasah
|
3.4 Membaca
nyaring huruf Hijaiyyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis tentang الأنشطة في البيت yang
meliputi struktur jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
|
· Teks tentang aktivitas
di rumah
· Kata tanya: ماذا
· Mufrodat fi’il mudhori’ + Dhomirnya
· Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il +
Maf’ul bih)
|
·
Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat di dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar dan tepat
·
Membaca potongan-potongan kalimat dengan struktur jumlah
fi’liyyah tanpa harokat
·
Membaca teks tertulis tentang
aktivitas di rumah
|
·
Melafalkan huruf-huruf
hijaiyyah/mufrodat baru dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
·
Membaca potongan kalimat tanpa harokat
dengan benar
·
Membaca paragraf sederhana tentang
aktivitas di madrasah dengan lafal & intonasi yang tepat
|
Tes lisan
|
Membaca nyaring
|
Susunlah potongan-potongan
kalimat menjadi paragraf yang bermakna !
dan
Bacakanlah susunan itu!
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di rumah
|
3.5 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat dalam wacana
tertulis tentang الأنشطة في البيت yang meliputi struktur jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
|
·
SDA
|
·
Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat pada wacana tulis
·
Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan
di madrasah
·
Mengidentifikasi isi kandungan wacana
tulis
·
Membaca teks tertulis tentang aktivitas di rumah
·
Mencari dan menuliskan bentuk jumlah fi’liyyah
|
·
Mengidentifikasi makna / ide pokok
yang terdapat pada teks qiro’ah
·
Mengidentifikasi tema / topik yang
terdapat pada wacana tulis
·
Menjawab berbagai pertanyaan sesuai
dengan isi kandungan teks qiro’ah
·
Mengidentifikasi kalimat-kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
dengan tepat
|
Tes lisan
|
Jawab pertanyaan
|
Memberi kan
jawaban sesuai teks qiro’ah:
Madza yaf’alu Sulaiman
?
Madza yafalu Sulaiman fil
hammam ?
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Gambar-gambar jam
·
Media gambar aktivitas di rumah
|
3.6 Menemukan makna, gagasan /
pokok fikiran dari wacana tertulis tentang الأنشطة في البيت yang meliputi struktur jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
|
·
SDA
|
·
SDA
|
·
Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
·
Membuat
kesimpul an sederhana tentang isi qiro’ah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Tuliskan macam-macam
kegiatanmu di rumah !
|
2X40 menit
|
·
Buku teks
·
Lembar Kerja Siswa
·
Media gambar aktivitas di rumah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar