Jumat, 16 Maret 2012

Silabus. B. Arab 1


SILABUS
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
 TAHUN PELAJARAN 2010-2011


Nama Madrasah             :        MTs Negeri 29 Jakarta
Mata Pelajaran               :        Bahasa Arab
Kelas/Semester               :        VIII / 1
Standar Kompetensi   :
1.      Menyimak/Istima’
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk gagasan dan dialog sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة  
والأنشطة في البيت

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk  Instrumen
Contoh  Instrumen
1.1  Mengidentifikasi huruf hijaiyyah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat) dari berbagai ragam wacana lisan sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و  الأنشطة في البيت   yang meliputi struktur kalimat dasar:  جملة اسمية و جملة  فعلية و مفعول به


·         Bilangan bertingkat
·         Kata tanya:  كم dan  متى


·         Menyebutkan kembali mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang jam
·         Menjawab pertanyaan tentang jam dengan menggunakan kalimat dengan struktur kata bilangan bertingkat

·         Melafalkan kembali kata/kalimat yang telah didengar
·         Menyebutkan kembali kata/kalimat yang yang telah didengar


Tes lisan
Tanya jawab
Jam berapakah sekarang ?

Kapankah kamu pergi ke sekolah?
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Jam / peraga langsung
·   Gambar-gambar jam


1.2  Menemukan informasi umum dari wacana lisan sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و  الأنشطة في البيت    yang meliputi struktur kalimat dasar:  جملة اسمية و جملة  فعلية و مفعول به





·         Bilangan bertingkat
·         Kata tanya:  كم dan  متى

·           Menyebutkan kembali mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang jam
·           Menjawab pertanyaan tentang jam mengguna kan kalimat dengan struktur kata bilangan bertingkat

·         Mengidentifikasi makna dari kata/kalimat yang telah didengar
·         Membedakan bilangan biasa dan bilangan bertingkat
·         Mengartikan kalimat-kalimat dengan benar dan tepat

Tes lisan
Tanya jawab
Kapankah kamu sholat shubuh ?

Jam berapakah kamu sarapan ?
2X40 menit
·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Jam / peraga langsung
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
1.3 Memberikan tanggapan/respon yang terdapat pada ragam wacana lisan atau dialog sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و  الأنشطة في البيت    yang meliputi struktur kalimat dasar:  جملة اسمية و جملة  فعلية و مفعول به



·         Bilangan bertingkat
·         Kata tanya:  كم dan  متى

·           Menyebutkan kembali mufrodat yang terdapat pada wacana lisan / dialog sederhana tentang jam
·           Menjawab pertanyaan tentang jam mengguna kan kalimat dengan struktur kata bilangan bertingkat

·         Menulis kembali kata/kalimat yang telah didengar tentang السّاعة   
·         Mengungkapkan kembali tentang pokok-pokok isi wacana lisan yang telah didengar

Tes tulis
Tes pilihan (B-S)
Sholih sholat shubuh jam 04:35 (B-S)

Dia pergi ke sekolah jam 07:00 (B-S)

2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Jam / peraga langsung
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah



Standar Kompetensi   :
2.      Berbicara/Kalam
Mengungkapkan fikiran, gagasan, perasaan, pengalaman secara lisan dalam bentuk cerita dan dialog (tanya-jawab) sederhana tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و  الأنشطة في البيت  

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk  Instrumen
Contoh  Instrumen
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang السّاعة   dengan menggunakan media gambar


·     Bilangan bertingkat
·     Kata tanya:  كم   في أيّdan  متى

·         Mengidentifikasi alamat (rumah / madrasah / kantor) seseorang
·         Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
·         Wawancara/tanya jawab tentang alamat tertentu
·         Melafalkan mufrodat dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
·         Menggunakan/mengucapkan mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat

Tes lisan

Lafalkan kembali teks yang didengar
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Jam / peraga langsung
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
2.2  Melakukan dialog  sederhana tentang السّاعة   yang meliputi struktur kalimat dasar: جملة اسمية و جملة  فعلية



·     Bilangan bertingkat
·     Kata tanya:  كم   في أيّdan  متى

·         Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
·         Wawancara/tanya jawab tentang alamat tertentu
·         Mendemonstrasikan teks hiwar tentang  jam
·         Menggunakan mufradat baru tentang bilangan jam
·         Bertanya dengan menggunakan kata tanya : كم , متى , أيّ ساعة , في أيّ
·         Menanggapi berbagai pertanyaan dengan tepat
·         Mendemonstrasikan materi hiwar dengan benar dan tepat
·         Bercerita secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
Tes lisan








Tanya jawab







Demonstrasi
Jam berapa sekarang ?

Jam berapa kamu sarapan ?
 dst

Memainkan peran sesuai tema
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Jam / peraga langsung
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah dan di rumah
2.3 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الأنشطة في المدرسة   dengan menggunakan struktur  jumlah fi’liyyah
·     Teks tentang aktivitas di madrasah
·     Kata tanya:  أين
·     Mufrodat  fi’il mudhori’ + Dhomirnya
·     Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il + Maf’ul bih)
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di madrasah
·         Mengidentifikasi perubahan kata kerja / fi’il mudhori’
·         Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di madrasah
·         Menceritakan kembali aktivitas seseorang di madrasah
·           Melafalkan kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
·           Mengucapkan kata  dengan tepat dalam berbagai kalimat

Tes unjuk kerja
Bercerita (monolog)
Mencerita kan kegiatan yang dilaku kan selama di sekolah
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah
2.4 Melakukan dialog  sederhana tentang الأنشطة في المدرسة   dengan menggunakan struktur  jumlah Jumlah fi’liyyah


·         SDA
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di madrasah
·         Mengidentifikasi perubahan kata kerja / fi’il mudhori’
·         Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di madrasah
·         Menceritakan kembali aktivitas seseorang di madrasah
·         Bertanya dengan menggunakan kata tanya : ماذا يعمل... , هل...
·         Menanggapi berbagai pertanyaan dengan tepat
·         Mendemonstrasikan materi hiwar dengan benar dan tepat
·         Bercerita secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
Tes unjuk kerja
Tanya jawab / wawancara
Lakukan wawancara kepada teman, tentang kegiatannya selama di sekolah
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah
2.5 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الأنشطة في البيت   dengan menggunakan struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
·     Teks tentang aktivitas di rumah
·     Kata tanya:  ماذا
·     Mufrodat  fi’il mudhori’ + Dhomirnya
·     Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il + Maf’ul bih)
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di rumah
·         Mengidentifikasi perubahan kata kerja / fi’il mudhori’
·         Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di rumah
·         Menceritakan kembali aktivitas seseorang di rumah
·           Melafalkan kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
·           Mengucapkan kata  dengan tepat dalam berbagai kalimat

Tes unjuk kerja
Demonstrasi / sosiodrama
Bermain peran sesuai dengan tema yang dibahas
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Media gambar aktivitas di rumah
2.6 Bercerita dengan menggunakan media gambar tentang  aktivitas di rumah الأنشطة في البيت   dengan menggunakan struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)


·     Teks tentang aktivitas di rumah
·     Kata tanya:  ماذا
·     Mufrodat  fi’il mudhori’ + Dhomirnya
·     Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il + Maf’ul bih)
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di rumah
·         Mengidentifikasi perubahan kata kerja / fi’il mudhori’
·         Wawancara/tanya jawab tentang aktivitas seseorang di rumah
·         Menceritakan kembali aktivitas seseorang di rumah
·         Bercerita secara terstruktur /terbimbing sesuai tema
Tes unjuk kerja
Bercerita (monolog)
Ceritakan lah kegiatan seseoarang selama di rumah
2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di rumah




Standar Kompetensi   :
3.      Membaca/Qiro’ah
Memahami berbagai ragam teks tulis, baik dalam bentuk wacana atau dialog sederhana; dan menemukan pokok fikiran tentang السّاعة و الأنشطة في المدرسة و  الأنشطة في البيت  

Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk  Instrumen
Contoh  Instrumen
3.1  Membaca nyaring huruf Hijaiyyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis tentang الأنشطة في المدرسة   yang meliputi struktur kalimat dasar:  جملة فعبلية



·     Teks tentang aktivitas di madrasah
·     Kata tanya:  أين
·     Mufrodat  fi’il mudhori’ + Dhomirnya
·     Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il + Maf’ul bih)
·         Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan tepat
·         Membaca potongan-potongan kalimat dengan struktur jumlah fi’liyyah tanpa harokat
·         Membaca teks tertulis tentang aktivitas di madrasah
·         Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah/mufrodat baru dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
·         Membaca potongan kalimat tanpa harokat dengan benar
·         Membaca paragraf sederhana tentang aktivitas di madrasah dengan lafal dan intonasi yang tepat
Tes lisan
Membaca nyaring
Susunlah potongan-potongan kalimat menjadi paragraf yang bermakna !

Bacakanlah susunan itu!

2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat dalam wacana tertulis tentang الأنشطة في المدرسة    yang meliputi struktur kalimat dasar:  
جملة  فعلية
·         SDA
·         Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat pada wacana tulis
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di madrasah
·         Mengidentifikasi isi kandungan wacana tulis
·         Membaca teks tertulis tentang aktivitas di madrasah
·         Mencari dan menuliskan bentuk jumlah fi’liyyah
·         Mengidentifikasi makna / ide pokok yang terdapat pada teks qiro’ah
·         Mengidentifikasi tema / topik yang terdapat pada wacana tulis
·         Menjawab berbagai pertanyaan sesuai dengan isi kandungan teks qiro’ah
·         Mengidentifikasi kalimat-kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah dengan tepat

Tes lisan



Jawab pertanyaan



Memberi kan jawaban sesuai teks qiro’ah:

Ayna yadrusu Rosyid ?

Ayna yaskun Rosyid?


2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di madrasah
3.3  Menemukan makna, gagasan atau pokok fikiran dari wacana tertulis tentang الأنشطة في المدرسة    yang meliputi struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
·         SDA

·           SDA
·         Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
·         Membuat kesimpulan sederhana tentang isi qiro’ah

Tes tulis
Uraian
Jelaskan perbedaan mudzakkar dan muannats !

Tuliskan contoh masing-masing !
2X40 menit
·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Media gambar aktivitas di madrasah
3.4  Membaca nyaring huruf Hijaiyyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis tentang الأنشطة في البيت   yang meliputi struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)



·     Teks tentang aktivitas di rumah
·     Kata tanya:  ماذا
·     Mufrodat  fi’il mudhori’ + Dhomirnya
·     Jumlah fi’liyyah (: Fi’il + Fa’il + Maf’ul bih)
·         Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat di dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan tepat
·         Membaca potongan-potongan kalimat dengan struktur jumlah fi’liyyah tanpa harokat
·         Membaca teks tertulis tentang aktivitas di rumah
·         Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah/mufrodat baru dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda baca
·         Membaca potongan kalimat tanpa harokat dengan benar
·         Membaca paragraf sederhana tentang aktivitas di madrasah dengan lafal & intonasi yang tepat
Tes lisan
Membaca nyaring
Susunlah potongan-potongan kalimat menjadi paragraf yang bermakna !
dan
Bacakanlah susunan itu!

2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di rumah
3.5  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat dalam wacana tertulis tentang الأنشطة في البيت    yang meliputi struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)



·         SDA
·         Melafalkan fi’il-fi’il mudhori yang terdapat pada wacana tulis
·         Mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan di madrasah
·         Mengidentifikasi isi kandungan wacana tulis
·         Membaca teks tertulis tentang aktivitas di rumah
·         Mencari dan menuliskan bentuk jumlah fi’liyyah
·         Mengidentifikasi makna / ide pokok yang terdapat pada teks qiro’ah
·         Mengidentifikasi tema / topik yang terdapat pada wacana tulis
·         Menjawab berbagai pertanyaan sesuai dengan isi kandungan teks qiro’ah
·         Mengidentifikasi kalimat-kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah dengan tepat
Tes lisan



Jawab pertanyaan


Memberi kan jawaban sesuai teks qiro’ah:

Madza yaf’alu Sulaiman ?

Madza yafalu Sulaiman fil hammam ?


2X40 menit

·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Gambar-gambar jam
·   Media gambar aktivitas di rumah
3.6  Menemukan makna, gagasan / pokok fikiran dari wacana tertulis tentang الأنشطة في البيت    yang meliputi struktur  jumlah fi’liyyah (Maf’ul bih)
·         SDA


·           SDA
·         Membedakan jenis mudzakkar dan muannats dalam berbagai kalimat
·         Membuat kesimpul an sederhana tentang isi qiro’ah
Tes tulis
Uraian
Tuliskan macam-macam kegiatanmu di rumah !
2X40 menit
·   Buku teks
·   Lembar Kerja Siswa
·   Media gambar aktivitas di rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar