Kamis, 15 Maret 2012

KKM BI


PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)

Satuan Pendidikan        : MTsN Situjuh Batur
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : VII / I
Tahun Pelajaran                        : 2011 – 2012                                                                                                                                                            KKM : 70

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
KriteriaPenetapan Ketuntasan
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa
Indikator
KD
SK
Materi
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Ø  Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
Ø  Menyampaikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
Ø  Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
2
2
2
2
2
3
2
2
2
67
67
78
71
71
70
Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat


Ø  Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
Ø  Menulis isi berita yang di dengar ke dalam beberapa kalimat
Ø  Menulis kembali isi berita yang di dengar dalam satu alinea
2
2

2
2
2

3
2
2

2
67
67

78
71


Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang efektif



Ø  Mencatat pokok-pokok pengalaman yang mengesankan
Ø  Merumuskan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman
Ø  Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimta yang efektif
2
2

1
2
3

3
2
2

2
67
78

66
70


Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta kalimat yang lugas dan sederhana
Ø  Menyebutkan pokok-pokok pengumuman
Ø  Membuat kerangka pengumuman
Ø  Mengubah kerangka pengumuman menjadi sebuah pengumuman
Ø  Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat, kalimat yang lugas dan sederhana
2
2
2

1
2
3
2

3
2
2
2

2
67
78
67

66
70
70

Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
Ø  Mencatat istilah secara tepat dan cepat
Ø  Menemutunjukkan istilah secara cepat dan tepat dalam kamus
Ø  Mengumpulkan istilah dan kata sulit yang telah ditemukan
Ø  Menyusun kata sulit secara alfabetis
Ø  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan
1
2

1

2
2
3
2

3

2
2
2
2

3

2
2
66
67

78

67
67
69
70

Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
Ø  Membaca cepat 200 kata per menit
Ø  Menyimpulkan isi bacaan
2
2
2
3
2
2
67
78
73


Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Ø  Mengidentifikasi bebrbagai teks perangkat upacara
Ø  Menandai penjedaan, intonasi pada teks perangkat upacara
Ø  Memilih salah satu teks perangkat upacara
Ø  Menampilkan pembacaan salah satu teks perangkat upacara
2
2

2
1
3
2

2
2
2
2

2
2
78
67

67
56

67


Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat yang ekspresif



Ø  Mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
Ø  Memilih salah satu pengalaman
Ø  Menulis pokok-pokok pengalaman
Ø  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan kalmia yang ekspresif
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
2
2
67
78
67
67
70
69

Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa


Ø  Menjelaskan bagian-bagian surat pribadi
Ø  Menunjukkkan perbedaan surat pribadi dan surat resmi
Ø  Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
2
2
2
2
2
3
2
2
2
67
67
78
71


Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang baik, efektif dan benar

Ø  Menunjukkan pokok-pokok pengumuman
Ø  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
2
2
2
2
2
2
67
67
67


Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan

Ø  Mengidentifikasi ide-ide menarik dalam dongeng
Ø  Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
2
2
2
3
2
2
67
78
72

72

Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang

Ø  Mengidentifikasi isi dalam dongeng
Ø  Menjelaskan relevansi isi dalam dongeng dengan situasi sekarang
2
2
2
3
2
2
67
78
72


Mengapresiasi pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat
Ø  Menulis pokok-pokok cerita
Ø  Menggabungkan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita yang menarik
Ø  Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat
2
2

1
2
2

2
2
2

2
67
67

56
63
63

Bercerita dengan alat peraga
Ø  Menulis pokok-pokok cerita
Ø  Menggabungkan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita yang menarik
Ø  Bercerita dengan alat peraga
2
2

1
2
2

2
2
2

2
67
67

56
63


Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca











Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
Ø  Mencatat pokok-pokok cerita anak yang dibaca
Ø  Menjabarkan pokok-pokok cerita anak  menjadi rangkaian cerita
Ø  Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulisan
2
2

2
2
2

2
2
2

2
67
67

67
67
69

Mengomentari buku cerita yang dibaca
Ø  Mengidentifikasi unsure cerita anak
Ø  Memilih unsure yang akan dikomentari
Ø  Mengomentari cerita dengan memberikan alasan yang logis dan bahasa yang santun
2
2
2
3
2
2
2
2
2
78
67
67
71


Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun

Ø  Menjelaskan syarat-syarat pantun
Ø  Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
2
2
3
2
2
2
78
67
72


Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau di dengar

Ø  Mengidentifikasi pokok-pokok dongeng
Ø  Menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
2
2
2
3
2
2
67
78
70
73




Situjuh Batur, 7 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran





SILVIANTI, SS
NIP 198006132007102007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar