PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
Satuan Pendidikan : MTsN Situjuh Batur
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
VII / I
Tahun Pelajaran :
2011 – 2012 KKM
: 70
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||||||
KriteriaPenetapan
Ketuntasan
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Indikator
|
KD
|
SK
|
Materi
|
||||
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
Ø
Menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
Ø
Menyampaikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
Ø
Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
|
2
2
2
|
2
2
3
|
2
2
2
|
67
67
78
|
71
|
71
|
70
|
|
Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
Ø
Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengar
Ø
Menulis isi berita yang di dengar ke dalam beberapa
kalimat
Ø
Menulis kembali isi berita yang di dengar dalam satu
alinea
|
2
2
2
|
2
2
3
|
2
2
2
|
67
67
78
|
71
|
|
|
||
Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang efektif
|
Ø
Mencatat pokok-pokok pengalaman yang mengesankan
Ø
Merumuskan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita
pengalaman
Ø
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan
menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimta yang efektif
|
2
2
1
|
2
3
3
|
2
2
2
|
67
78
66
|
70
|
|
|
|
Menyampaikan
pengumuman dengan intonasi yang tepat serta kalimat yang lugas dan sederhana
|
Ø
Menyebutkan pokok-pokok pengumuman
Ø
Membuat kerangka pengumuman
Ø
Mengubah kerangka pengumuman menjadi sebuah pengumuman
Ø
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat,
kalimat yang lugas dan sederhana
|
2
2
2
1
|
2
3
2
3
|
2
2
2
2
|
67
78
67
66
|
70
|
70
|
|
||
Memahami
ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
Ø
Mencatat istilah secara tepat dan cepat
Ø
Menemutunjukkan istilah secara cepat dan tepat dalam kamus
Ø
Mengumpulkan istilah dan kata sulit yang telah ditemukan
Ø
Menyusun kata sulit secara alfabetis
Ø
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan
tepat dengan konteks yang diinginkan
|
1
2
1
2
2
|
3
2
3
2
2
|
2
2
3
2
2
|
66
67
78
67
67
|
69
|
70
|
|
|
Menyimpulkan
isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
Ø
Membaca cepat 200 kata per menit
Ø
Menyimpulkan isi bacaan
|
2
2
|
2
3
|
2
2
|
67
78
|
73
|
|
|
||
Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Ø
Mengidentifikasi bebrbagai teks perangkat upacara
Ø
Menandai penjedaan, intonasi pada teks perangkat upacara
Ø
Memilih salah satu teks perangkat upacara
Ø
Menampilkan pembacaan salah satu teks perangkat upacara
|
2
2
2
1
|
3
2
2
2
|
2
2
2
2
|
78
67
67
56
|
67
|
|
|
||
Mengungkapkan
pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat yang ekspresif
|
Ø
Mengidentifikasi pengalaman yang mengesankan
Ø
Memilih salah satu pengalaman
Ø
Menulis pokok-pokok pengalaman
Ø
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan kalmia yang ekspresif
|
2
2
2
2
|
2
2
2
2
|
2
3
2
2
|
67
78
67
67
|
70
|
69
|
|
|
Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa
|
Ø
Menjelaskan bagian-bagian surat pribadi
Ø
Menunjukkkan perbedaan surat pribadi dan surat resmi
Ø
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi
dan bahasa
|
2
2
2
|
2
2
3
|
2
2
2
|
67
67
78
|
71
|
|
|
||
Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang baik, efektif dan benar
|
Ø
Menunjukkan pokok-pokok pengumuman
Ø
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
67
67
|
67
|
|
|
||
Mengapresiasi
dongeng yang diperdengarkan
|
Menemukan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
Ø
Mengidentifikasi ide-ide menarik dalam dongeng
Ø
Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari
dongeng
|
2
2
|
2
3
|
2
2
|
67
78
|
72
|
72
|
|
|
Menunjukkan
relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
Ø
Mengidentifikasi isi dalam dongeng
Ø
Menjelaskan relevansi isi dalam dongeng dengan situasi
sekarang
|
2
2
|
2
3
|
2
2
|
67
78
|
72
|
|
|
||
Mengapresiasi
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimic yang tepat
|
Ø
Menulis pokok-pokok cerita
Ø
Menggabungkan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita
yang menarik
Ø
Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi,
gesture dan mimic yang tepat
|
2
2
1
|
2
2
2
|
2
2
2
|
67
67
56
|
63
|
63
|
|
|
Bercerita
dengan alat peraga
|
Ø
Menulis pokok-pokok cerita
Ø
Menggabungkan pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita
yang menarik
Ø
Bercerita dengan alat peraga
|
2
2
1
|
2
2
2
|
2
2
2
|
67
67
56
|
63
|
|
|
||
Memahami
isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
Menceritakan
kembali cerita anak yang dibaca
|
Ø
Mencatat pokok-pokok cerita anak yang dibaca
Ø
Menjabarkan pokok-pokok cerita anak menjadi rangkaian cerita
Ø
Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara
lisan dan tulisan
|
2
2
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
67
67
67
|
67
|
69
|
|
|
Mengomentari
buku cerita yang dibaca
|
Ø
Mengidentifikasi unsure cerita anak
Ø
Memilih unsure yang akan dikomentari
Ø
Mengomentari cerita dengan memberikan alasan yang logis
dan bahasa yang santun
|
2
2
2
|
3
2
2
|
2
2
2
|
78
67
67
|
71
|
|
|
||
Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
Ø
Menjelaskan syarat-syarat pantun
Ø
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
2
2
|
3
2
|
2
2
|
78
67
|
72
|
|
|
|
Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau di dengar
|
Ø
Mengidentifikasi pokok-pokok dongeng
Ø
Menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
|
2
2
|
2
3
|
2
2
|
67
78
|
70
|
73
|
|
||
Situjuh Batur, 7 Juli
2011
Guru Mata Pelajaran
SILVIANTI, SS
NIP 198006132007102007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar