RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas /
Semester
Komponen
Aspek
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
MTsN Situjuh Batur
Bahasa
Indonesia
VII / II
Kemampuan
Berbahasa
Mendengarkan
Memahami wacana
lisan melalui kegiatan wawancara
Menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan tokoh/narasumber yang disampaikan dalam
wawancara
4
x 40 menit
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Ø Mencatat pikiran, pendapat, gagasan
yang dikemukakan narasumber
Ø Menulis informasi yang diperoleh dari
wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat
Ø Menyimpulkan pikiran, pendapat dan
gagasan narasumber dalam wawancara
|
Siswa mampu:
Ø Mencatat pikiran, pendapat, gagasan
yang dikemukakan narasumber
Ø Menulis informasi yang diperoleh dari
wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat
Ø Menyimpulkan pikiran, pendapat dan
gagasan narasumber dalam wawancara
|
I Materi Pembelajaran
Materi
|
:
|
Penyimpulan
Pendapat, Gagasan dan Pikiran Narasumber dalam Wawancara
|
Fakta
|
:
|
Informasi
dapat diperoleh melalui berita, bacaan dan juga melalui wawancara dengan
narasumber
|
Konsep
|
:
|
Wawancara
dilakukan untuk memperoleh keterangan ataupun pendapat tentang suatu masalah.
Orang yang mewawancara disebut pewawancara, sedangkan orang yang diwawancarai
disebut narasumber.
|
Prinsip
|
:
|
Setiap berita / wawancara mengandung
pokok-pokok berita yang dapat diperoleh
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut!
a. Apa yang terjadi? (what)
b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
d. Siapa yang mengalami? (who)
e. Mengapa hal itu terjadi? (why)
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
Perlu kamu ketahui bahwa selain berisi
pokok-pokok berita, wawancara juga berisi sejumlah informasi sebagai
penjelas. Secara bersamaan, keduanya membentuk informasi yang lengkap dan
utuh.
|
Prosedur
|
:
|
Untuk menyimpulkan dan melaporkan isi wawancara,
kamu dapat merangkum pokok-pokok informasi yang sudah kamu catat. Dengan
menggunakan kalimatmu sendiri, informasi tersebut dapat diubah menjadi
beberapa kalimat. Sementara itu, dalam menyampaikan laporan hasil wawancara dengan narasumber, kamu perlu
memerhatikan topik utama informasi, waktu dan tempat terjadinya, serta hasil
penyerapan informasi.
|
III Metode Pembelajaran
v
Diskusi
v
Tanya
Jawab
v
Penugasan
IV Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
||
Pendahuluan
|
:
|
Kesiapan
kelas, motivasi kepada siswa
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
2.
Elaborasi
3.
Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan oleh guru
atau beberapa orang siswa yang menjadi model
1.
Siswa
mendata pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam wawancara, dengan cara
menjawab pertanyaan seputar isi wawancara:
©
2.
Siswa
mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat dan gagasan narasumber dalam
wawancara
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
Kegiatan Akhir
|
:
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas
2.
Guru
menutup proses pembelajaran
|
10
Menit
|
PERTEMUAN
KEDUA
Kegiatan
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
:
|
Kesiapan
kelas, motivasi kepada siswa
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mendengarkan kembali sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan
oleh guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
§ Siswa menyimpulkan pikiran, pendapat
dan gagasan narasumber dalam wawancara
§ Siswa menyimpulkan informasi yang
didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
Kegiatan Akhir
|
:
|
§ Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang telah dibahas
§ Guru memberikan tugas untuk penguatan
materi
§ Guru menutup proses pembelajaran
|
10
Menit
|
V Sumber Belajar
v
Buku
“Pedoman
Umum Pembentukan Istilah & Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan” karangan
John S. Hartanto diterbitkan oleh Indah Surabaya
v
Buku
teks “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS” karangan Atikah Anindyarini dan
Sri Ningsih, diterbitkkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
v
Buku teks “Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs” karangan Nurhadi, Dawud, Yuni Pratiwi,
diterbitkan oleh: Penerbit Erlangga
VI Penilaian
v
Teknik : Tes tertulis
v
Bentuk
Instrumen : Penugasan dan demonstrasi
v
Soal
Instrumen :
1. Tuliskan pikiran, pendapat dan gagasan
tokoh/narasumber dari rekaman yang diperdengarkan!
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
4
5
6
|
Siswa
menuliskan pikiran, pendapat dan gagasan tokoh/narasumber dengan jawaban
sempurna
Siswa
menuliskan pikiran, pendapat dan gagasan tokoh/narasumber dengan jawaban
mendekati sempurna
Siswa
menuliskan pikiran, pendapat dan gagasan tokoh/narasumber dengan jawaban
setengah sempurna
Siswa
menuliskan pikiran, pendapat dan gagasan tokoh/narasumber dengan jawaban jauh
dari sempurna
Siswa
menuliskan pikiran, pendapat dan gagasan tokoh/narasumber dengan jawaban
salah
Siswa tidak
mengerjakan apa-apa
|
5
4
3
2
1
0
|
2. Simpulkan secara berurut hasil wawancara
yang telah diperdengarkan !
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
|
Siswa menyusun
secara urut
Siswa menyusun
secara tidak berurutan
Siswa tidak
membuat sama sekali
|
5
4
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 adalah :
Nilai akhir =
Perolehan skor x
Skor ideal (100) = ..................
Skor maksimum
Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur
Drs.
N A H A R
NIP 195210051991011001
|
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran
SILVIANTI,
SS
NIP 19800613200710 2 007
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas /
Semester
Komponen
Aspek
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
MTsN Situjuh Batur
Bahasa
Indonesia
VII / II
Kemampuan
Berbahasa
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan wawancara
Menulis hal-hal penting yang
disampaikan dalam wawancara
4
x 40 menit
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Ø
Mengidentifikasi
hal-hal penting yang dikemukakan narasumber
Ø
Mencatat
hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam beberapa kalimat
Ø
Menuliskan
kembali hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara dengan
bahasa yang komunikatif
|
Siswa mampu:
Ø Mengidentifikasi hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber
Ø Mencatat hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber dalam beberapa kalimat
Ø Menuliskan kembali hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber dalam wawancara dengan bahasa yang komunikatif
|
II Materi Pembelajaran
Materi
|
:
|
Menulis
Hal-hal Penting dalam Wawancara
|
Fakta
|
:
|
Informasi dapat diperoleh melalui
berita, bacaan dan juga melalui wawancara dengan narasumber
|
Konsep
|
:
|
Wawancara dilakukan untuk memperoleh
keterangan ataupun pendapat tentang suatu masalah. Orang yang mewawancara
disebut pewawancara, sedangkan orang yang diwawancarai disebut narasumber.
|
Prinsip
|
:
|
Setiap
berita / wawancara mengandung pokok-pokok berita yang dapat diperoleh
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
berikut!
a. Apa yang terjadi? (what)
b. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
c. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
d. Siapa yang mengalami? (who)
e. Mengapa hal itu terjadi? (why)
f. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
Perlu
kamu ketahui bahwa selain berisi pokok-pokok berita, wawancara juga berisi
sejumlah informasi sebagai penjelas. Secara bersamaan, keduanya membentuk
informasi yang lengkap dan utuh.
|
Prosedur
|
:
|
Untuk
menyimpulkan dan melaporkan isi wawancara, kamu dapat merangkum
pokok-pokok informasi yang sudah kamu catat. Dengan menggunakan kalimatmu
sendiri, informasi tersebut dapat diubah menjadi beberapa kalimat. Sementara
itu, dalam menyampaikan laporan hasil
wawancara dengan narasumber, kamu perlu memerhatikan topik utama
informasi, waktu dan tempat terjadinya, serta hasil penyerapan informasi.
|
III Metode Pembelajaran
v
Diskusi
v
Tanya
Jawab
v
Penugasan
IV Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
:
|
Kesiapan
kelas, motivasi kepada siswa
|
5 Menit
|
PERTEMUAN I
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mendengarkan sebuah rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan oleh guru
atau beberapa orang siswa yang menjadi model
§ Siswa mendiskusikan hal-hal penting
yang dikemukakan dalam wawancara
§ Siswa menyimpulkan informasi yang
didengar melalui wawancara ke dalam beberapa kalimat
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
PERTEMUAN
II
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mendengarkan kembali rekaman wawancara atau wawancara yang dibacakan oleh
guru atau beberapa orang siswa yang menjadi model
§ Siswa menuliskan hal-hal penting yang
dikemukakan dalam wawancara
§ Siswa menyampaikan kembali informasi
yang diperoleh dari wawancara ke dalam beberapa kalimat secara lisan
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
Kegiatan Akhir
|
:
|
§ Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang telah dibahas
§ Guru memberikan tugas untuk penguatan
materi
§ Guru menutup proses pembelajaran
|
10
Menit
|
V Sumber Belajar
v
Buku
“Pedoman
Umum Pembentukan Istilah & Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”
karangan John S. Hartanto diterbitkan oleh Indah Surabaya
v
Buku
teks “Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS” karangan Atikah Anindyarini dan
Sri Ningsih, diterbitkkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
v
Buku teks “Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs” karangan Nurhadi, Dawud, Yuni Pratiwi,
diterbitkan oleh: Penerbit Erlangga
VI Penilaian
v
Teknik : Tes
tertulis
v
Bentuk
Instrumen :
Penugasan dan demonstrasi
v
Soal
Instrumen :
1. Tuliskan hal-hal penting dari rekaman
yang diperdengarkan!
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
4
5
6
|
Siswa
menuliskan hal-hal penting dalam wawancara dengan jawaban sempurna
Siswa
menuliskan hal-hal penting dalam wawancara dengan jawaban mendekati sempurna
Siswa
menuliskan hal-hal penting dalam wawancara dengan jawaban setengah sempurna
Siswa
menuliskan hal-hal penting dalam wawancara dengan jawaban jauh dari sempurna
Siswa
menuliskan hal-hal penting dalam wawancara dengan jawaban salah
Siswa tidak
mengerjakan apa-apa
|
5
4
3
2
1
0
|
2. Simpulkan secara berurut hasil wawancara
yang telah diperdengarkan !
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
|
Siswa menyusun
secara urut
Siswa menyusun
secara tidak berurutan
Siswa tidak
membuat sama sekali
|
5
4
0
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 –
100 adalah :
Nilai akhir =
Perolehan skor x
Skor ideal (100) = ..................
Skor maksimum
Mengetahui:
Kepala MTsN Situjuh Batur
Drs.
N A H A R
NIP 195210051991011001
|
Situjuh Batur, 11 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran
SILVIANTI,
SS
NIP 19800613200710 2 007
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas /
Semester
Komponen
Aspek
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
MTsN Situjuh Batur
Bahasa
Indonesia
VII / II
Kemampuan
Berbahasa
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
Bertelepon
dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
4
x 40 menit
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Ø Menjelaskan tata cara bertelepon
Ø Menjelaskan kesalahan-kesalahan kalimat
dalam bertelepon
Ø Menyusun kalimat bertelepon dengan
bahasa yang santun
Ø Bertelepon dengan berbagai mitra bicara
sesuai dengan konteks
|
Siswa mampu:
Ø Menjelaskan tata cara bertelepon
Ø Menjelaskan kesalahan-kesalahan kalimat
dalam bertelepon
Ø Menyusun kalimat bertelepon dengan
bahasa yang santun
Ø Bertelepon dengan berbagai mitra bicara
sesuai dengan konteks
|
II Materi Pembelajaran
Materi
|
:
|
Bertelepon
dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Fakta
|
:
|
Zaman
dahulu, alat komunikasi yang sering digunakan adalah surat. Saat ini, cara
tersebut mulai ditinggalkan sejak diketemukannya telepon. Masyarakat dapat
menggunakan telepon rumah, kartu, koin, maupun telepon seluler (ponsel).
|
Konsep
|
:
|
Dalam
bertelepon, tidak sekadar jelas dalam menyampaikan maksud. Ada beberapa hal
yang perlu kamu perhatikan dalam bertelepon, yaitu kesantunan yang meliputi
sebagai berikut.
|
Prinsip
|
:
|
Dalam
bertelepon, ada etika yang bersifat umum maupun khusus. Misalnya berdasarkan
mitra bicara, seperti dengan teman sebaya, orang yang lebih muda, atau orang
yang dihormati. Pilihan kata menjadi hal yang harus diperhatikan dan
dipertimbangkan. Sebagai contoh, akan lebih sopan jika seorang murid menelepon
guru dengan menggunakan kata sapa Bapak atau
Ibu, daripada kamu serta menyebutkan diri
dengan saya daripada aku.
|
Prosedur
|
:
|
1. Memilih
waktu bertelepon yang tepat.
2. Memastikan
nomor yang dihubungi tidak keliru. Jika tidak, sampaikan permohonan maaf
dengan santun.
3. Sebaiknya
tidak memakan sesuatu saat bertelepon.
4. Menciptakan
suasana tenang di sekitar tempat bertelepon.
5. Tidak
berlama-lama dalam bertelepon.
6. Kembalikan
gagang telepon dengan hati-hati sehingga tidak menyinggung perasaan orang
yang ditelepon.
|
III Metode Pembelajaran
v
Diskusi
v
Tanya
Jawab
v
Penugasan
v
Demontrasi
IV Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
:
|
Kesiapan
kelas, motivasi kepada siswa
|
5 Menit
|
PERTEMUAN I
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mencermati sebuah model bertelepon melalui kaset/CD
§ Siswa mendiskusikan tentang tata cara
bertelepon
§ Siswa mendata kesalahan-kesalahan
kalimat dalam bertelepon
§ Siswa mendiskusikan pembetulan
kesalahan kalimat dalam bertelepon
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
PERTEMUAN
II
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
|
:
:
:
|
Siswa
mencermati sebuah model bertelepon melalui kaset/CD
§ Siswa menyusun sebuah percakapan
bertelepon dengan bahasa yang santun dan sesuai dengan konteks
§ Siswa bertelepon dengan berbagai mitra
bicara sesuai dengan konteks
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil
diskusi siswa
|
65 menit
|
Kegiatan Akhir
|
:
|
§ Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang telah dibahas
§ Guru memberikan tugas untuk penguatan
materi
§ Guru menutup proses pembelajaran
|
10
Menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar